Kabar gembira bagi para traveller, kereta api baru menuju Banyuwangi kini telah tersedia - WisataHits
Jawa Tengah

Kabar gembira bagi para traveller, kereta api baru menuju Banyuwangi kini telah tersedia

Ilustrasi kereta api © Wikimedia Commons

Kereta api baru kini tersedia bagi para pemudik yang menuju ke Banyuwangi. Menikmati keindahan Banyuwangi pasti akan lebih mudah.

Kereta baru tersebut adalah kereta api Blambangan Ekspres yang baru saja diperkenalkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). KA Blambangan Ekspres melayani rute Ketapang-Semarang Tawang.

Peresmian KA Blambangan Ekspres berlangsung Jumat (2/11) lalu saat upacara pembukaan di Stasiun Ketapang, Banyuwangi. Acara tersebut juga dihadiri Broer Rizal Jember, Wakil Presiden KAI Area 9, dan Ipuk Fiestiandani, Bupati Banyuwangi.

“KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta relasi baru untuk memudahkan konektivitas masyarakat dari ketapang ke surabaya hingga semarang dan sebaliknya,” kata Broer Rizal seperti dilansir dari Diantara.

Kehadiran KA Blambangan Ekspres tentunya semakin memudahkan masyarakat khususnya yang berada di Jawa Tengah untuk menuju Banyuwangi terutama untuk berwisata. Apalagi, salah satu tujuan pengoperasian KA Ekspres Blambangan memang untuk mendongkrak sektor pariwisata di ujung timur Pulau Jawa itu.

“Kereta api Blambangan Ekspres juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata Kabupaten Banyuwangi dan daerah lain yang dilaluinya,” kata Broer Rizal.

Bagi Sobat GNFI dari Semarang dan sekitarnya yang berminat naik KA Blambangan Ekspres tujuan Banyuwangi, jangan lupa cek jadwal ya. Kereta tersebut berangkat dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pada pukul 19.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 05.44 WIB. Sedangkan kereta berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 18:05 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pada pukul 04:40 WIB.

Ada tarif khusus bagi penumpang di awal KA Blambangan Ekspres. Tersedia tiket promo untuk Kelas Eksekutif seharga Rp 250.000 dan Kelas Ekonomi seharga Rp 150.000 untuk keberangkatan antara tanggal 2 Desember hingga 18 Desember 2022.

Ritual Petik Laut, Kosmologi Masyarakat Banyuwangi untuk Pelestarian Alam

Tempat Wisata Menarik di Banyuwangi

Jika Kereta Ekspres Blambangan memudahkan masyarakat untuk bepergian ke Banyuwangi, apa saja destinasi wisata menarik di sana?

Destinasi wisata di Banyuwangi yang menarik adalah Teluk Hijau, sebuah pantai yang terkenal dengan air lautnya yang berwarna hijau. Hanya saja jarak Green Bay dari pusat kota cukup jauh yakni 90 km.

Lalu ada Gunung Ijen. Gunung ini sangat terkenal dengan api birunya yaitu kawahnya yang berwarna biru. Fenomena blue fire hanya ada 2 di dunia yaitu di Gunung Ijen dan di Islandia.

Tempat wisata menarik lainnya adalah Taman Nasional Baluran. Jika beruntung sobat GNFI bisa bertemu dengan berbagai hewan eksotis seperti macan tutul jawa.

Bandara ramah lingkungan Banyuwangi masuk dalam 20 besar arsitektur terbaik dunia

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button