Jelang liburan akhir tahun, Menparekraf mengizinkan acara dan mempermudah segala perizinan - WisataHits
Yogyakarta

Jelang liburan akhir tahun, Menparekraf mengizinkan acara dan mempermudah segala perizinan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno siap memberikan izin bagi wisatawan perencana acara saat berangkat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sandiaga menegaskan, saat ini seluruh Indonesia berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1, artinya setiap orang acara diizinkan.

“Mengenai kegiatan konser, budaya dan acara Soal Nataru, boleh dan sedang difasilitasi izinnya,” kata Sandiaga Kompas.com dalam pertemuan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Malam di Yogyakarta Dekat UGM

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan dinas pariwisata di masing-masing daerah dan kepolisian bahwa protokol kesehatan harus dibarengi saat pengurusan izin.

Tidak ada pembatalan kunjungan wisata

Sandi memastikan tidak ada pembatalan kunjungan wisatawan dan penerbangan dari luar negeri selama liburan akhir tahun ini.

Kondisi ini mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 5,2 juta.

“Target tahun ini 3,6 juta wisman. Karena lonjakan kunjungan ke Indonesia, targetnya 5,2 juta wisman tahun ini,” kata Sandi.

Baca Juga: Ini Museum UGM Menyaksikan Masa Kecil Obama

Boom wisata juga terjadi di kalangan wisatawan domestik. Menurutnya, target wisatawan nusantara pada 2022 sebanyak 600 juta, dan hingga Desember sudah mencapai 700 juta.

“Menuju target 800 juta wisatawan domestik. Tahun depan akan dinaikkan lebih banyak lagi, sekitar 70 sampai 80 persen,” kata Sandi.

Sebelumnya diperkirakan bahwa liburan akan menjadi momen meriah di akhir tahun 2022 setelah pembatasan mobilitas dicabut.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diperkirakan hingga akhir tahun nanti sebanyak 44,17 juta orang atau 16,35 persen dari seluruh penduduk Indonesia akan pulang kampung. tahun.

Selain itu, puncak arus mudik pada musim libur Natal diprediksi terjadi pada 23-24 Desember 2022, dan puncak arus mudik Natal diperkirakan terjadi pada 25-26 Desember 2022.

Sandiaga mengunjungi rangkaian Dies UGM, Sabtu (17/12/2022)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Sandiaga mengunjungi Rangkaian Dies Natalis UGM, Sabtu (17/12/2022)

Sementara itu, puncak arus mudik pada libur tahun baru diperkirakan terjadi pada 30-31 Desember 2022, dan puncak arus balik tahun baru diperkirakan terjadi pada 1-2 Januari 2023.

“Namun demikian, pelayanan angkutan umum tetap mengutamakan aspek kesehatan selain keselamatan dan kenyamanan,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (13/12/2022). ).

Pihaknya akan mengantisipasi potensi pergerakan di dalam kawasan metropolitan, mobilitas lokal, potensi pergerakan ke lokasi wisata, serta pemudik dengan sepeda motor dan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Garuda Indonesia Group Sediakan 1,3 Juta Lapangan Kerja untuk Menyambut Libur Akhir Tahun

Jumlah penumpang yang menggunakan angkutan umum semua moda transportasi meningkat 54,62 persen atau sekitar 14,72 juta penumpang dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil survei, Kementerian Perhubungan menyiapkan sejumlah langkah untuk memastikan kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru.

Kementerian Perhubungan akan memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi di operator dengan menyiapkan hingga 57.693 unit bus dan 111 terminal.

Kemudian menyiapkan 910 unit kapal dan 110 pelabuhan, 484 kereta api serta 9 Daop dan 4 Divre, 205 kapal ferry dan 11 pelabuhan penyeberangan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button