Jelang liburan akhir tahun, Malioboro Prokes santai - WisataHits
Yogyakarta

Jelang liburan akhir tahun, Malioboro Prokes santai

Saibumi.com (SMSI), Jogja – Liburan akhir tahun akan segera tiba di bulan Desember. Momen ini biasanya dimanfaatkan wisatawan untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata. Di Yogyakarta, kawasan Malioboro menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi.

BACA JUGA: Identitas Tersangka Kasus KONI Lampung Ditunggu Masyarakat

Malioboro adalah surga bagi wisatawan yang ingin berbelanja atau sekedar berjalan-jalan dan menikmati suasana Yogyakarta. Beragam pernak-pernik dan oleh-oleh bisa dibeli di sini, mulai dari batik, bakpia hingga aneka makanan khas Yogyakarta.

Saat Covid-19 melanda Indonesia, Malioboro melakukan pencegahan dengan memperketat protokol kesehatan. Wisatawan yang ingin memasuki kawasan Malioboro harus melakukan pengecekan suhu dan scan kode pada aplikasi Peduli Protect di gerbang yang telah disediakan.

“Wisatawan juga diwajibkan menggunakan masker di kawasan Malioboro, jika tidak memakai akan kami beri peringatan nanti,” kata Alan Ariq, salah satu pegawai Jogoboro, Selasa (22/11/2022).

Jogoboro adalah petugas keamanan khusus yang bertugas di kawasan Malioboro. Mereka bertugas memberikan pengamanan bagi pengunjung Malioboro dengan patroli 24 jam.

Kini protokol kesehatan yang diterapkan tidak seketat dulu. Masyarakat tidak lagi harus mengecek suhu dan memindai barcode di pintu gerbang yang ada.

Menurut Alan, masker juga tidak lagi wajib di luar gedung. “Bisa dipakai di luar atau tidak, tapi kalau mau masuk mall tetap harus pakai masker dan cek suhu,” ujarnya.

Masyarakat tetap bisa mencuci tangan di tempat-tempat yang telah ditentukan di sepanjang Jalan Malioboro.

Pengawasan di lapangan, sebenarnya petugas Jogoboro sudah tidak lagi bertugas di setiap gerbang di Malioboro. Dulu, masyarakat yang belum melakukan pemeriksaan suhu dan scan Care for Protect tidak bisa masuk ke kawasan Malioboro.

Ada juga tempat cuci tangan di beberapa sudut. Namun, beberapa di antaranya tidak mengeluarkan air. Kondisinya juga cukup kotor dengan adanya kerak dan serasah daun. Beberapa pengunjung juga terlihat tanpa masker.

Indradinata, salah seorang pengunjung Malioboro membenarkan hal tersebut. Menurutnya, tidak ada ujian yang harus dilalui. “Tidak ada, jadi saya masuk saja,” katanya. (SATU)

BACA JUGA: Peringatan dini banjir di wilayah Lampung pada 23-28 November 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button