8 tempat wisata di lereng Gunung Merapi ini terdapat bebatuan yang mirip alien - WisataHits
Yogyakarta

8 tempat wisata di lereng Gunung Merapi ini terdapat bebatuan yang mirip alien

KOMPAS.com – Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung setinggi 2.900 meter ini secara administratif berada di sejumlah wilayah di provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Meski sering meletus, pesona Gunung Merapi tidak luntur. Tempat wisata di lereng Gunung Merapi menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh Indonesia.

Bepergian, para Wisatawan Anda juga bisa menikmati kemegahan Gunung Merapi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Ini Tunjukkan Kekuatan Erupsi Merapi

Kompas.com telah merangkum wisata di lereng Gunung Merapi sebagai berikut.

1. Kastil Dunia yang Hilang

Konsep tempat wisata ini adalah menghadirkan dunia dongeng yang hilang seperti dikutip dari Kompas.com (28.2.2022). The Lost World Castle sangat cocok untuk wisata keluarga dengan anak-anak.

Ada juga Pekerjaan foto-foto unik, seperti replika Tembok Besar China, Stonehenge, kapal bajak laut, dan rumah pohon.

The Lost World Castle juga menawarkan berbagai wahana seru untuk dicoba baik oleh anak-anak maupun dewasa. Lokasinya berada di Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga: The Lost World Castle di Yogyakarta, sensasi berwisata ke dunia yang hilang

Kastil dunia yang hilangInstagram @thelosworldcastle Kastil Dunia yang Hilang

2. Taman Merapi

Merapi Park merupakan sebuah taman hiburan yang menghadirkan miniatur Fitur tamasya paling terkenal di dunia.

Kutipan oleh Samping? lokasi secara resmi, Merapi Park memiliki sejumlah wahana. Termasuk The World Landmark, sebuah taman bunga dengan replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben (London), Menara Eiffel (Paris), Temple of Heaven (China) dan lain-lain.

Ada juga wahana di Kids Waterpark, Cowboy Town, Dino Park dan lain sebagainya. Lokasinya ada di Jalan Kaliurang No.KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga: Rute Menuju Taman Merapi, Wisata Miniatur Ikon Dunia di Yogyakarta

Taman Merapi Yogyakarta. Taman Merapi Yogyakarta.

3. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi adalah sejenis wisata petualangan menggunakan mobil jip di sekitar lereng Gunung Merapi dan bekas aliran lahar dingin. Sepanjang jalan, wisatawan juga diajak mengunjungi sejumlah destinasi wisata.

Mengutip Kompas.com (2.6.2021) ada tiga paket wisata yang bisa dipilih wisatawan. penutup, paket jarak pendek dengan harga mulai Rp 350.000 per jip dan paket jalur tengah dari Rp 450.000 per jip dan paket jarak jauh dari Rp 550.000 per jip.

Tempat wisata yang dikunjungi selama perjalanan antara lain Museum Sisa, Bunker Kaliadem, Batu Alien, Bekas Rumah Mbah Maridjan di Desa Kinah Rejo dan lain sebagainya.

Baca Juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Yogyakarta, Ada Lava Tour Merapi

Turis mengendarai jip dalam lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (17/5/2013).  Tour ke kawasan aliran lahar bekas erupsi Merapi ini gratis dengan biaya Rp 300.000 - Rp 500.000 per trip.KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan menaiki jeep dalam lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (17/5/2013). Tour ke kawasan aliran lahar bekas erupsi Merapi ini gratis dengan biaya Rp 300.000 – Rp 500.000 per trip.

4. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem dibangun pada tahun 2001 oleh Pemerintah Kabupaten Sleman seperti dikutip Kompas.com (29/5/2022). Fungsinya sebagai tempat persembunyian warga sekitar saat erupsi Gunung Merapi.

Namun, saat Gunung Merapi meletus pada 2006 lalu, dua warga ditemukan tewas di dalam bunker. Diyakini bahwa mereka dikurung di dalam bunker dan mati karena suhu yang sangat tinggi.

Sejak itu, pemerintah memutuskan untuk berhenti menggunakan bunker sebagai tempat berlindung selama letusan. Kemudian, pada 2010, saat Gunung Merapi meletus, bunker Kaliadem tertutup material Merapi setebal empat meter.

Bunker itu digali tiga tahun kemudian. Hingga saat ini, bunker Kaliadem di lereng Gunung Merapi menjadi objek wisata.

Baca Juga: Wisata Kawasan Bunker Kaliadem Yogyakarta Tak Perlu Sewa Jeep

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button