Jangan lupa! Ini adalah alat memasak tradisional yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya - WisataHits
Jawa Tengah

Jangan lupa! Ini adalah alat memasak tradisional yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya

AYSEMARANG.COM – Alat memasak tradisional ini sekarang secara bertahap dihilangkan dengan alat-alat modern.

Peralatan masak tradisional Indonesia sangat umum dijumpai di seluruh Indonesia. Mulai dari batu, tanah, hingga berbagai jenis kayu. Perkembangan zaman yang bergerak ke arah modern cepat atau lambat mulai menggeser pola kehidupan manusia.

Anda semua tahu pecel. Ya, pecel yang dulu kebanyakan disajikan dengan bahan dasar daun pisang. Apakah Anda masih menggunakan daun pisang di daerah Anda atau menggunakan plastik? Tak pelak, penggunaan daun mulai ditiadakan selama periode ini.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Religi Versi 5 Semarang, Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

Hal yang sama berlaku hari ini untuk penggunaan peralatan memasak. Nah, ini adalah contoh alat masak tradisional yang sudah mulai dihilangkan namun masih ada yaitu Perapian Api.

Pernahkah Anda melihat peralatan masak ini sebelumnya? Tungku api atau di Jawa Tengah sering disebut Luweng, yaitu perapian tua tradisional yang selalu digunakan untuk memasak.

Namun jangan salah, ternyata hingga saat ini tungku api ini masih terkadang digunakan, terutama oleh restoran kuliner yang masih menjaga rasa keaslian masakan yang muncul dari proses memasak dengan alat ini.

Baca juga: Gampang! Cegah Hama Tanaman Dengan 2 Pestisida Alami Dari Bahan Sekitarnya!

Oven ini bisa terbuat dari tanah liat atau batu. Selain memasak di rumah makan, masyarakat pedesaan khususnya masih sangat sering menggunakan peralatan masak sebagai kompor dalam rumah tangga.

Source: www.ayosemarang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button