Jalur Kereta Api Solo-Wonogiri Dibangun Maret 2023, Persingkat Waktu Perjalanan - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Jalur Kereta Api Solo-Wonogiri Dibangun Maret 2023, Persingkat Waktu Perjalanan – Solopos.com

Jalur Kereta Api Solo-Wonogiri Dibangun Maret 2023, Persingkat Waktu Perjalanan – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi (Doc/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Pekerjaan peningkatan jalur kereta api Solo – Wonogiri Cross (KA) dapat mengurangi waktu tempuh kereta api. Kereta rel diesel (KRD) atau kereta api konvensional dapat digunakan sebagai jenis rel.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pembangunan III Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang (BTP Semarang) Albertus Dito menjelaskan, jalur KA Solo-Wonogiri terbaru menggunakan tipe rel R33 dan R42.

Special Offers Penawaran spesial yang menarik, menginap di Loa Living Solo New Bisa nonton Netflix sepuasnya!

Jalur KA Solo-Wonogiri hanya dilintasi railbus atau railbus Batara Kresna selama ini. Dibutuhkan waktu 1 jam 45 menit dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri atau sebaliknya.

Pos tunggal EMagz

“Posisi rel saat ini masih kecil, harapannya menjadi R54. Kelas otomatik dinaikkan. otomatik dapat mengurangi waktu tempuh dari 1 jam 45 menit. Ini akan mempersingkat waktu tempuh dengan menambah kecepatan pada beberapa rute”, ujarnya, Kamis (2/2/2023) malam.

Menurutnya, jalur kereta api Solo-Wonogiri dapat digunakan oleh KRD di masa mendatang, seperti halnya kereta Bandara Internasional Adisoemarmo. Pengembangan pelayanan perkeretaapian pada jalur kereta api Solo-Wonogiri menjadi tanggung jawab Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api.

Ditto menjelaskan tahapan akhir pembangunan dan peningkatan KA Solo Wonogiri hingga pelelangan. Dito belum bisa memastikan total biaya pembangunan dan peningkatan jalur KA Solo-Wonogiri.

Selain pembangunan dan peningkatan perlintasan sebidang, lanjut Dito, pembangunan tersebut meliputi pembangunan sejumlah perlintasan sebidang. Usulan tersebut berasal dari Dinas Perhubungan Sukoharjo dan merupakan rekomendasi dari Direktorat Keselamatan Perkeretaapian.

Solopos interaktif

“Nanti direncanakan akan dibangun gapura tembus. Makanya ada permintaan dari Dishub Sukoharjo untuk meningkatkan keamanan penyeberangan properti empat tapak,” ujarnya.

Ditto tidak ingat poinnya. Sementara itu, kata dia, Direktorat Keselamatan Perkeretaapian sedang mengusulkan sekat perlintasan sebidang di sejumlah lokasi di Wonogiri.

Putu Sumarjaya, Kepala Balai Teknik Kereta Api Klas I Semarang mengatakan, kawasan rawan di jalur kereta api Solo-Wonogiri akan disterilkan. Waktu perjalanan kereta api dari Solo ke Wonogiri bisa sekitar 40 menit.

Periklanan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button