Dari Ndas Borok hingga Ketupat Jembut, 5 Makanan Jawa Tengah dengan Nama Unik - WisataHits
Jawa Tengah

Dari Ndas Borok hingga Ketupat Jembut, 5 Makanan Jawa Tengah dengan Nama Unik

AYSEMARANG.COM – Jawa Tengah terkenal dengan keanekaragaman budaya dan destinasi wisata alamnya yang lengkap dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Jawa Tengah juga menawarkan berbagai masakan daerah yang lezat dan unik.

Tentunya jika berkunjung ke Jawa Tengah tanpa mencoba masakan yang berbeda, rasanya tidak akan lengkap. Ada beberapa makanan khas di daerah ini yang bahkan memiliki nama yang unik dan aneh

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini kumpulan masakan khas Jawa Tengah yang unik dan rustic yang tidak hanya akan menghibur tetapi juga membuat Anda penasaran.

1. Luka Maag

Ndas dan Borok adalah dua kata yang berasal dari bahasa Jawa. N itu artinya kepala dan bisul artinya cakaran. Tapi jangan khawatir. Hidangan Jawa Tengah ini tidak ada hubungannya dengan luka atau kepala.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Soto Terbaik Daerah Magelang

Ndas Borok adalah makanan khas dari Temanggung di Jawa Tengah. Makanan halal ini disebut Ndas Borok karena bentuknya yang menyerupai lebam di kepala.

Namanya sedikit aneh dan menggelikan memang, namun ditaburi singkong, kelapa yang dicincang halus dan gula aren, makanan ini memiliki rasa manis dan gurih yang khas.

2. Bajingan

Kata bajingan terdengar agak kasar dan memiliki konotasi negatif. Namun berbeda dengan penjahat, makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat umum.

Temanggung memiliki makanan khas bernama Bajingan yang memiliki tekstur manis dan lembut. Makanan yang diberi nama unik ini ternyata sangat mudah dibuat.

Makanan halal ini hanya membutuhkan bahan dasar singkong yang dimasak dengan gula merah, santan kental dan daun pandan. Memiliki rasa yang sederhana namun nikmat.

Source: www.ayosemarang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button