Sejarah Taman Remaja Surabaya, obat trauma warga G30S/PKI 1965 - WisataHits
Jawa Timur

Sejarah Taman Remaja Surabaya, obat trauma warga G30S/PKI 1965

Sejarah Taman Remaja Surabaya, obat trauma warga G30S/PKI 1965

Surabaya

Kabar Taman Remaja (TRS) Surabaya kembali ke telinga warga Kota Pahlawan yang bertahun-tahun hanya bisa menyimpan kenangan di kepala.

TRS akan dibuka kembali tahun ini setelah berhenti beroperasi sejak September 2018. TRS akan hadir kembali sebagai wisata murah di Surabaya.

“Artinya ada wisata murah di Surabaya. Mosok Suroboyo tidak memiliki wisata murah. Saya ingin TRS seperti itu,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada wartawan, Senin (23/01/2023).

Kabar gembira itu menyisakan segudang kenangan manis bagi warga TRS. jadi oleh karena itu, detik Jawa Timur coba ulas TRS secara singkat, dari sejarah panjang yang menyertainya.

Sejarah Taman Remaja Surabaya :

1. Awal mula Taman Remaja Surabaya

Taman Remaja Surabaya didirikan pada tanggal 20 Agustus 1971. Tujuannya adalah sebagai tempat bermain, khususnya bagi orang-orang yang trauma dengan G30S/PKI 1965.

Demikian kesimpulan jurnal pendidikan sejarah berjudul Perkembangan Taman Remaja Surabaya dan Dampak Ekonomi Bagi Pedagang di Kawasan Taman Remaja Surabaya Tahun 1999-2018.

Buku harian tersebut ditulis oleh Trisya Bella Aulia Mally dan Agus Trilaksana. Mereka berasal dari Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya.

Masyarakat Surabaya memiliki kenangan yang kuat tentang taman remaja. Bagi masyarakat lama, TRS merupakan maskot atau ikon yang populer saat itu.

Pada tahun 1990-an, tiket taman remaja hanya Rp 1.000 dari Senin hingga Jumat. Pada hari libur nasional, Sabtu dan Minggu, tiket naik menjadi Rp 2.000 per orang.

Tiket tidak termasuk tiket perjalanan. Tiket wahana saat itu harganya Rp 600 hingga Rp 800 per wahana. Wahana bianglala dan kora kora menjadi permainan favorit pada zamannya.

Saat itu ada total 18 wahana seperti Ball Pool, Twist Aladin, Kiddy Boat, Kiddy Rides, Kiddy Con Cordes, Kiddy Lokomotiv, Kiddy Chips, Kiddy Car, Monorail, View Wheel, Merry Go Round, Boom Boom Car, Twin Dragon, Water Jumping, Mini Coaster, Sky Merry, Shooting Gallery dan juga ball pool.

Wahana di taman remaja tidak hanya untuk anak-anak. Pengunjung dari kalangan remaja hingga dewasa juga bisa bersenang-senang di THR. Ada wahana lempar bola, genteng berwarna, rak matematika, rak atas, rak segitiga, rak taman bunga, rak pin, rak genteng, rak bola guling, rak gapura, rak gelang bola dan stand bir.

Permainan ini tidak menggunakan tiket melainkan koin. Harganya Rp 100 per koin. Gim ini menawarkan hadiah seperti minuman ringan untuk bir besar.

2. Puncak popularitas Taman Remaja Surabaya

Sejak awal berdirinya, TRS telah menarik perhatian masyarakat luas. Puncak kepopuleran TRS dirasakan sejak tahun 1990 hingga 2012. Dimana pengunjung selalu memadati tempat wisata di Jalan Kusuma Bangsa.

Begitu banyak pedagang berdiri di depan Taman Remaja Surabaya. Tidak hanya warga Surabaya, tetapi juga pendatang dari luar kota seperti Sidoarjo, Gresik, Madura, Lamongan dan Bojonegoro.

Acara-acara menarik sering diadakan di Taman Remaja pada periode-periode tertentu seperti Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Pahlawan. Seperti karnaval, pentas seni dan sebagainya.

Harga tiket TRS dinamis mengikuti waktu. Pada tahun 1990-an, biaya masuk hanya Rp 1.000. Namun pada tahun 2013, harga tiket masuk TRS adalah Rp 15.000.

Biaya masuk tidak termasuk tiket kereta api. Pada tahun 2013, tiket masuk per kendaraan adalah Rp 10.000.

3. Taman Remaja Surabaya sudah kehilangan pesonanya

TRS mulai kehilangan pesonanya di tahun 2017. TRS telah ditinggalkan oleh pengunjung. Karena masih banyak tempat lain yang memiliki game drive yang lebih variatif. Seperti di mall-mall besar untuk Surabaya Carnival Night.

TRS ditinggalkan pengunjung, berimbas pada minimnya pendapatan. Bagaimana tidak, pada tahun 2018 pengunjung Taman Remaja Surabaya hanya 5-7 orang per hari.

4. Pembekuan Taman Remaja Surabaya

Taman Pemuda juga menghadapi berbagai masalah. Seperti tidak membayar pajak bumi dan bangunan, tidak memperbaharui perjanjian kerjasama, menyalahgunakan gaji pegawai untuk penerbitan iuran BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Banyak juga wahana di TRS yang terbengkalai. Seperti kolam terbengkalai yang dipenuhi air hujan.

Menghadapi banyaknya permasalahan PT STAR sebagai pengelola Taman Remaja Surabaya, Pemkot Surabaya memutuskan untuk membekukan TRS.

Taman Remaja Surabaya dibekukan pada tahun 2018. Garis polisi dipasang di depan gedung TRS. Pembekuan tersebut berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar TRS.

Simak video “Kisah Kota Surabaya dalam Aksi Panggung”.
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button