Intip keseruan warga berebut produk bumi di Pulosari Sukabumi Grand Annual Serum - WisataHits
Jawa Barat

Intip keseruan warga berebut produk bumi di Pulosari Sukabumi Grand Annual Serum

Warga Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi saat parade sedekah ke Bumi atau Ruwat Bumi, Senin (8/8/2022). Parade tersebut menjadi bagian dari acara Seren Taun Akbar. [Sukabumiupdate.com]

“Siapa pun yang ingin membawa produk dipersilakan untuk membawanya,” kata Kepala Desa Pulosari Dirja Miharja.

SuaraBogor.id – Parade Bumi Almos atau Parade Ruwat Bumi yang merupakan bagian dari rangkaian acara Seren Taun Akbar dan Gema Muharam yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Pulosari, Kabupaten Sukabumi, mendapat tepuk tangan meriah dari masyarakat.

Tak sedikit yang hadir mengikuti Pawai Sedekah Bumi, Senin (8/8/2022).

Sedekah bumi diberikan melalui demonstrasi berbagai hasil pertanian dan perkebunan. Sesampainya di lokasi acara, tepat di halaman kantor desa Pulosari, hasil pertanian tersebut kemudian diserbu warga sekitar.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan dan atas sharingnya, sehingga nantinya siapa saja yang ingin membawa hasil bumi dipersilahkan untuk membawanya,” kata Kepala Desa Pulosari Dirja Miharja.

Baca juga: Lawan! Pria ini tidak terlihat selama dua hari dan ditemukan tewas di dalam rumah

Selain Parade Sedekah Bumi atau Parade Ruwat Bumi, juga digelar talkshow “Langkah Membangun Desa Wisata Berbasis Budaya dan Ketahanan Pangan”.

Talkshow menghadirkan Anggota Komisi DPR RI I Ahmad Syaikhu, Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof.DR. Kamaludin dan Wakil Sekretaris Bidang Produk dan Event Organizer Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Edy Wardoyo .

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Syaikhu menekankan beberapa hal agar Desa Pulosari dapat meningkatkan potensi wisata dan pertaniannya.

“Saya ingin potensi pertanian di sini lebih dikembangkan lagi, juga dalam hal pelestarian alam, harus ada faktor yang mengendalikan lingkungan, dan harus ada pemanfaatan teknologi informasi untuk memasarkan produk dari desa ini secara digital,” jelasnya. .

Baca Juga: Geng Motor di Parade Binjai Bawa Klewang dan Clurit, Takut dan Perampok Warga

Source: bogor.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button