Intip fasilitas kereta wisata mewah, wagon Rp 42 juta semua - WisataHits
Yogyakarta

Intip fasilitas kereta wisata mewah, wagon Rp 42 juta semua

KOMPAS.com – Jika ingin bepergian dengan kereta api dengan fasilitas mewah dan pelayanan premium, Anda bisa memesan kereta wisata yang dikelola oleh PT Kereta Api Wisata di bawah naungan PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero).

Kereta wisata yang didesain khusus ini merupakan jenis kereta api VIP yang dapat disewa dengan gerbong berdasarkan permintaan atau dipesan secara terpisah.

Baca juga:

“Kereta pariwisata dikomersialkan menggunakan dua skema, yaitu pola FIT (Wisatawan Independen Gratis) /individu dan pola piagam/sewa. Ada delapan jenis kereta wisata,” kata Marketing KAI Tourism, Tiko Kompas.comMinggu (18.9.2022).

Kedelapan spesies tersebut adalah Nusantara, Sumatra, Bali, Toraja, Jawa, dan Imperial prioritas.

Untuk pola FIT/individu, kata Tiko, hanya bisa menggunakan kereta jenis wisata khusus prioritas, yang memiliki jadwal keberangkatan tertentu. Harga satu kursi mulai dari Rp 850.000.

Tujuh jenis lainnya adalah kereta wisata yang ditawarkan dalam bentuk gerbong berkapasitas 19 hingga 30 orang. Untuk jenis kereta wisata ini harganya berkisar Rp 21,5 juta hingga Rp 42 juta.

Kereta wisata yang membawa tamu Amanjiwo dari Stasiun Gambir, Jakarta ke Stasiun Tugu, Yogyakarta sebelum menjemput para tamu dan memindahkannya ke Amanjiwo untuk menginap selama tiga malam (Dok PT Kereta Api Wisata).Dermaga. PT Kereta Api Wisata: Kereta api penumpang yang membawa tamu Amanjiwo dari Stasiun Gambir, Jakarta ke Stasiun Tugu, Yogyakarta sebelum menjemput tamu dan memindahkannya ke Amanjiwo untuk menginap selama tiga malam (Dok PT Kereta Api Wisata).

Seperti halnya menyewa mobil kereta wisata dengan biaya ini juga bisa diisi minimal satu orang.

“Kami menghitung kapasitas maksimum. Tidak masalah jika hanya satu atau dua orang yang pergi. Tapi sejauh ini paling sedikit empat orang, pernah ada satu keluarga yang mau ke Semarang, tinggal sewa isinya saja,” ujarnya.

Jadi kalau mau lebih terjangkau, ongkos Rp 21,5 juta – Rp 42 juta untuk satu gerbong bisa diisi dengan kapasitas maksimal rombongan, mis. B. keluarga besar, dengan teman sekolah atau rekan kerja yang biayanya bisa ditanggung bersama.

Baca juga: Kereta Wisata Baru di Solo, Lokomotif Uap Tua Hampir 1 Abad

Fasilitas mewah untuk kereta wisata

Suasana di gerbong kereta wisata retro.Kementerian Pariwisata Suasana di gerbong kereta wisata retro.

Dengan harga yang lebih mahal dari kereta reguler, fasilitas kereta wisata berbanding lurus dengan harga, menurut Tiko.

Beberapa fasilitasnya adalah ruang tunggu VIP di setiap stasiun keberangkatan yang sudah dilengkapi istirahat dan petugas khusus.

“Yah, ada delapan jenis di kereta, fasilitasnya berbeda. Misalnya tipe Nusantara, ada sofa, minibar, TV besar untuk karaoke, film dan lain-lain. salon atau balkon, penuh Gelas, Anda bisa duduk dan makan di sini sambil menikmati pemandangan di luar,” jelasnya.

Baca juga: Retro, Kereta Wisata Terbaru dengan Nuansa Klasik di Dalam Gerbongnya

Selain itu, pada tipe Nusantara terdapat beberapa tempat tidur dengan kapasitas 10 orang dewasa.

“Yah, jika kamu ingin tidur benar (nyaman), bisa naik kereta wisata Nusantara. Karena itu bukan kursi lipat, itu tempat tidur,” tambahnya.

Untuk tipe lainnya, kata dia, masing-masing memiliki fasilitas dan ciri khas tersendiri. Seperti tipe Toraja mengikuti desain Toraja, Bali dengan interior Bali dan lain-lain.

PT Kereta Api Wisata (Kawisata) akan membuka kembali KA Prioritas Argo Parahyangan Bandung-Jakarta mulai 2 Agustus 2020.Dermaga PT KAWISATA PT Kereta Api Wisata (Kawisata) akan membuka kembali KA Argo Parahyangan Prioritas Bandung-Jakarta mulai 2 Agustus 2020.

Hal yang sama berlaku untuk kereta wisata prioritas yang bisa dipesan oleh perorangan, sistem kereta api ini juga lengkap.

“Jenis prioritas Untuk alasan ini dapat dijual secara individual karena kursinya sama dengan Eksekutif (kereta). Jadi bedanya penumpang mau naik kereta wisata tapi tidak mau membelanjakan (bayar) harga sewa kereta, bisa naik kereta wisata prioritas‘ kata Tiko.

Baca Juga: 4 Kelas Kereta, Perbedaan Kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan Premium

kereta wisata prioritas juga memiliki fasilitas mewah dan layanan premium. Dari minibar, TV kecil di setiap kursi, makanan berat, teh dan kopi isi ulang, hingga toilet eksklusif.

Ada juga petugas khusus di mobil ini, misalnya, seseorang kapten krupramugari atau pramugari dan petugas kebersihan.

“Jika kamu ingin mencoba pengalaman kereta baru, coba kereta wisata, tapi budget belum ada, untuk sewa kereta bisa mempertimbangkan untuk mengambil pola one seater ini,” pesannya.

Baca Juga: Cara Bayar Tiket Kereta Api Menggunakan KAIPay di Aplikasi KAI Access

Rencana pemesanan kereta penumpang

Masker dan hand sanitizer sudah tersedia di kereta wisata prioritas dan tematik pada Minggu (15/3/2020).DERMAGA. KA PARIWISATA Pada Minggu (15/3/2020) akan tersedia masker dan hand sanitizer di kereta wisata prioritas dan tematik.

Jadwal keberangkatan kereta wisata dengan satu gerbong bisa dipesan sesuka hati, namun harus sesuai dengan jadwal kereta reguler.

“Kereta kereta wisata ini dirakit di kereta reguler. Jadi keberangkatan, pemberhentian, dll mengikuti jadwal KA reguler,” jelas Tiko.

Baca Juga: Apakah Kereta Eksekutif Dapat Makan Gratis?

Tiko menjelaskan, pemesanan gerbong kereta wisata dilakukan minimal 7 hingga 30 hari karena diperlukan penyesuaian rencana agar kereta wisata digabungkan dengan kereta reguler.

Selain itu, kereta api reguler memiliki formasi maksimal jumlah gerbong yang dapat dirakit dalam satu kali perjalanan.

“Jadi kereta wisata ini ada di belakang atau di depan. Kalau formasinya penuh, kita tidak bisa satukan kereta wisata (dengan kereta reguler),” ujarnya.

Baca juga: Kereta Panorama Pertama di Indonesia, Kapan Mulai Beroperasi?

Sementara untuk kereta wisata prioritas yang bisa dipesan secara individual harus mengikuti jadwal yang ada.

“Saat ini KA Bima jalur PP (pulang) Jakarta-Surabaya tersedia setiap hari. Berangkat dari stasiun Gambir pukul 17.05 WIB,” kata Tiko.

Selain itu, ada beberapa KA lainnya seperti Sembrani Prioritas untuk trayek Gambir-Surabaya Pasarturi (PP) dan Argo Dwipangga Priority untuk trayek Gambir-Solo (PP).

Rute ini juga hanya tersedia pada waktu dan hari tertentu, tidak sebanyak jadwal kereta reguler.

Baca Juga: Daftar Lokasi Loket Kereta Khusus dan Kereta Wisata

kereta wisata sumateraDermaga. Kereta wisata PT Kereta Api Wisata Sumatera

Cara memesan kereta wisata

Tiko mengatakan, aplikasi khusus untuk kereta wisata masih dalam pengembangan.

“Saat ini masih dalam pengembangan, mudah-mudahan tahun ini (siap),” ujarnya.

Pilihan lain untuk kereta wisata prioritasbisa dipesan seperti biasa melalui aplikasi KAI Access.

Baca juga:

Namun, untuk KA travel rombongan, Tiko menjelaskan calon penumpang bisa langsung mendatangi loket yang tersebar di beberapa kota, yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Selain itu, Anda juga bisa menggali informasi lainnya melalui media sosial resmi kereta wisata.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button