Hadiri Jogja Halal Fest, Sandiaga Uno Bicara Tentang 1,4 Miliar Wisatawan Indonesia Berkunjung ke Destinasinya - WisataHits
Yogyakarta

Hadiri Jogja Halal Fest, Sandiaga Uno Bicara Tentang 1,4 Miliar Wisatawan Indonesia Berkunjung ke Destinasinya

TEMPO.CO, jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno hadir dalam acara tersebut Festival Halal Jogja yang berlangsung pada hari Jumat, 4 November 2022 di Yogyakarta. Sandiaga mengatakan acara kreatif seperti Jogja Halal Fest yang diselenggarakan oleh forum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DI Yogyakarta seharusnya tidak hanya mengangkat semangat para pemangku kepentingan ekonomi, khususnya industri kreatif syariah. Namun, itu bisa menjadi potensi besar untuk pariwisata ramah Muslim atau produk Halal Indonesia.

“Kami berharap event seperti Jogja Halal Fest ini dapat membawa Indonesia menjadi episentrum dan penghasil produk halal global,” kata Sandiaga.

Potensi Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar

Menurut Sandiaga, meski saat ini Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, namun masih banyak mengimpor produk halal dari luar. “Di satu sisi, kami melihat permintaan pariwisata ramah Muslim atau produk halal meningkat,” katanya.

Sandiaga menjelaskan, banyak keinginan dan harapan untuk Indonesia menjadi lebih baik perpanjangan layanan atau layanan tambahan bernuansa wisata ramah muslim. Dengan ekspektasi tinggi terhadap pariwisata ramah Muslim, kata dia, pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan domestik meningkat 1,4 miliar tahun ini.

Pergerakan wisatawan domestik saat ini sebagian besar dibantu oleh pariwisata ramah Muslim yang sudah ada. Seperti halnya restoran halal, fashion muslim pun kini banyak diminati.

Wisata produk halal dapat menjadi solusi dari ancaman resesi global

Sandiaga menjelaskan, wisata produk halal yang dikembangkan pelaku ekonomi kreatif bisa menjadi solusi mengatasi ancaman resesi global pada 2023. “Dari sektor pariwisata halal ini, kita bisa berkontribusi dalam upaya menciptakan 1,1 juta lapangan kerja dan menjawab tantangan resesi global,” ujarnya.

Sandiaga juga disebut-sebut menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Internasional (WTT) Tokoh Agama atau R20 Indonesia 2022 di Bali. Menurutnya, acara tersebut juga bisa dijadikan sebagai pendorong untuk mendongkrak wisata religi di nusantara. Dalam wisata religi, salah satunya adalah wisata produk halal. “Wisata religi saat ini menjadi andalan karena kita memiliki banyak keunggulan,” ujarnya.

WICKSONO PRIBADI

Baca juga: Jogja Halal Fest Akhir pekan ini, lihat pameran berbagai produk industri Halal

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button