23 tempat wisata di pacitan yang cocok untuk bersantai, banyak tempat yang masih perawan - WisataHits
Jawa Timur

23 tempat wisata di pacitan yang cocok untuk bersantai, banyak tempat yang masih perawan

17. Gua Gong

Wisata di Pacitan yang sudah sangat terkenal termasuk di luar negeri adalah Goa Gong. Tempat wisata di Pacitan ini menawarkan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang sangat indah. Juga karena keindahan stalaktit dan stalagmitnya, Gua Gong menjadi gua terindah di Asia Tenggara.

Pemandangan stalaktit dan stalagmit yang sejuk bisa Anda temukan di dalam goa yang ada di Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan. Kedalaman Gua Gong mencapai 256 meter dan membutuhkan waktu 2 jam untuk menjelajahi seluruh area gua.

Dari mulut goa, pengunjung disuguhkan pemandangan yang menawan, dimana terdapat pagar kristal yang sangat indah diselimuti lampu yang tak kalah menarik. Di ujung gua, pengunjung juga akan menemukan stalaktit yang sangat besar, dan ketika dipukul akan mengeluarkan suara “gong”, seperti suara gong dalam gamelan.

18. Gua Tawon

Wisata di Pacitan selanjutnya adalah Gua Tabuhan. Gua Tabuhan adalah salah satu gua yang dibanggakan Pacitan. Di dalam goa ini terdapat deretan stalaktit yang mengeluarkan suara seperti gamelan lengkap. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat sekelompok seniman lokal memainkan musik dengan batu.

Karena fenomena unik ini, gua itu diberi nama Gua Tabuhan. Hingga saat ini keunikan tersebut menjadi daya tarik salah satu tempat wisata terpopuler bagi masyarakat Pacitan. Tempat wisata Pacitan ini terletak di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Pacitan.

19. Gua Luweng Ombo

Ombo berarti luas dalam bahasa Jawa. Nama ini mencuat karena gua ini cukup besar. Pintu masuk gua berdiameter 50 meter. Kedalaman goa ini mencapai 130 meter dari permukaan tanah.

Menurut penelitian, Luweng Ombo dulunya adalah gua horizontal yang atapnya runtuh karena erosi. Menggunakan peralatan SRT (Single Rope Technique), Anda dapat mencapai dasar gua dalam waktu setengah jam.

Di goa ini Anda tidak hanya akan menemukan bebatuan seperti di goa-goa lainnya, tetapi juga pepohonan yang tingginya mencapai 1,5 meter. Karena keunikan geologinya, Luweng Ombo tercatat sebagai salah satu geosite Geopark Gunung Sewu di kawasan Pacitan.

20. Gua Luweng Jaran

Wisata Pacitan selanjutnya adalah Gua Luweng Jaran. Mungkin gua yang satu ini bisa dipersembahkan untuk kamu yang suka tantangan. Konon panjang Gua Luweng Jaran adalah 48 km, sehingga disebut perjalanan ke perut bumi. Sepanjang jalan Anda dapat menikmati ornamen unik yang terbentuk secara alami. Mengunjungi gua ini Anda perlu memiliki energi, air yang cukup dan persiapan mental.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button