Inovasi produk dan teknologi pangan yang dikembangkan mahasiswa UKSW Salatiga turut meningkatkan kualitas UMKM - WisataHits
Jawa Tengah

Inovasi produk dan teknologi pangan yang dikembangkan mahasiswa UKSW Salatiga turut meningkatkan kualitas UMKM

Salatiga, Jawa Tengah – Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dari berbagai fakultas menampilkan berbagai inovasi di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Pengunjung yang hadir dapat menikmati berbagai produk inovasi yang terbagi dalam tujuh klaster yaitu, Klaster Pangan dan Pertanian, Klaster Kesehatan, Klaster Energi dan Lingkungan, Klaster Kecerdasan Buatan, Klaster Internet of Things and Technology, dan Klaster Pendidikan, klaster pariwisata dan industri kreatif sebagai serta klaster startup dan kewirausahaan.

Dari Klaster Pangan dan Pertanian, salah satu produk yang dipamerkan adalah minuman serbuk yang terbuat dari daun tempuyung. Diolah oleh mahasiswa Program Studi Teknik Pangan (FKIK) UKSW. Produk ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan salah satunya sebagai alternatif penghancur batu ginjal.

Masih di cluster yang sama, pengunjung bisa melihat secara langsung pengusir burung berbasis panel surya bernama “Ngusah”.

Ngusah karya mahasiswa dan asisten lab dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW ini dinobatkan sebagai produk inovasi terbaik kedua dalam Lomba Kreativitas dan Inovasi Tingkat Kota Salatiga 2022 (Krenova).

Koordinator Pameran Dr. Andreas Setiawan mengatakan dalam kegiatan ini juga dipamerkan peralatan penunjang laboratorium biomolekuler UKSW, minyak gosok dan body lotion, kosmetik, biopolimer, laboratorium pertambangan AioT AI, mesin sortasi, wisata virtual, masterplan pariwisata dan lain-lain.

“Melalui pameran ini pengunjung dapat melihat langsung inovasi-inovasi yang bersumber dari penelitian para peneliti UKSW, serta inovasi yang bersumber dari pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.” jelas Andreas, Rabu (23/11/2022).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button