Serunya wisata edukasi di Museum Cokelat Monggo Jogja sambil Kuliner - WisataHits
Yogyakarta

Serunya wisata edukasi di Museum Cokelat Monggo Jogja sambil Kuliner

Serunya wisata edukasi di Museum Cokelat Monggo Jogja sambil Kuliner

Tidak ada ruginya berwisata ke Jogja dan menyempatkan diri mengunjungi Museum Cokelat Monggo di kawasan Jogja Selatan.

Museum ini didirikan pada tahun 2017 oleh pemilik Thierry Detournay dengan harapan dapat memberikan edukasi tentang sejarah cokelat.

Kunjungan penulis ke museum pada Minggu (1 Januari 2023) bersama keluarganya meninggalkan kesan yang membekas dan positif.

Museum ini memiliki gaya arsitektur khas Jawa. Berlokasi di Jalan Gentong Sribitan RT 03 Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA: Museum Pendidikan Nasional: Menjelajahi Pendidikan Masa Lalu dan Masa Depan

Hanya dengan merogoh kocek Rp 15.000 per orang Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi sejarah tentang coklat dari BC.

Mulai dari asal coklat dan namanya, bagaimana proses pembuatannya, perbedaan jenis coklat, manfaat coklat untuk kesehatan, cara menikmati coklat dan sebagainya.

Selain gedung-gedung yang eksotik, pengunjung juga berkesempatan untuk merasakan langsung proses produksi coklat tepat di pabrik yang berada di belakang museum.

Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh coklat di showroom dan toko coklat. Makanan olahan berbahan dasar cokelat tersedia di sini.

Oh ya, saat masuk ke dalam museum saya disuguhkan dengan diorama sejarah coklat, bagaimana suku Meso Amerika kuno menjadi ahli pengolahan coklat dan penikmat coklat.

Di ruang tengah museum terdapat diorama perkebunan coklat dan sejarah coklat Monggo dari awal hingga desain kemasan dari tahun ke tahun.

Museum Coklat Monggo sangat informatif dan juga menampilkan koleksi yang menjelaskan tentang kandungan berbagai jenis coklat, manfaat coklat, dan peralatan yang digunakan untuk membuat coklat.

Menariknya, hampir setiap sudut museum juga dilengkapi dengan bangku-bangku tempat duduk untuk mengabadikan momen foto.

Misalnya lukisan di setiap dinding yang menggambarkan bungkus coklat dari berbagai negara.

Di ruang tamu terdapat diorama perkebunan coklat dan sejarah Chocolate Monggo dari awal berdirinya hingga berbagai desain kemasan hingga saat ini.

Selain itu, ada pula pameran instalasi dan koleksi yang menjelaskan tentang kandungan jenis-jenis coklat, manfaat coklat, dan alat yang digunakan untuk membuat coklat.

Pengunjung juga bisa belajar tentang pembuatan cokelat, memahami seluk beluk ragamnya, serta mempelajari mesin yang digunakan dalam proses pembuatan cokelat Monggo.

Di seberang gedung museum ada ruang pamer yang menawarkan semua produk Chocolate Monggo.

Pengunjung juga dapat menikmati minuman coklat, gelato, dan berbagai macam makanan coklat di toko tersebut.

“Wah tempat yang asyik, tenang dan bisa menjadi tempat edukasi yang menarik di Jogja,” kata Alifa Kurniyati, pengunjung dari Banguntapan, Bantul.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button