Inilah 9 desa terkaya di Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Inilah 9 desa terkaya di Indonesia

Inilah 9 desa terkaya di Indonesia

“Desa Kutuh adalah salah satu desa di Bali yang terletak di Kuta Selatan, Badung. Desa ini merupakan desa terkaya di Indonesia dengan pendapatan Rp 50 miliar per tahun”

KENDARI, TELISIK.ID – Sebagai negara kepulauan yang luas, Indonesia terbagi atas wilayah administrasi hingga ke tingkat desa yang dikepalai oleh kepala desa. Beberapa desa telah berhasil mengelola sumber daya mereka.

Pengelolaan sumber daya secara maksimal dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat desa. Dilansir Idntimes.com dan Ninna.id, berikut beberapa desa terkaya di Indonesia.

1. Desa Kutuh Bali


Desa Kutuh adalah sebuah desa di Bali yang terletak di Kuta Selatan, Badung. Dikenal di luar negeri karena keindahan alam dan budayanya, kawasan Bali sendiri menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.

Kemudian Desa Kutuh pun ikut berkontribusi dalam pengembangan sektor pariwisata dan menarik wisatawan ke daerah tersebut.

Beberapa wisata utama yang ada di desa ini adalah Pantai Pandawa, Atraksi Khusus Paralayang Linggis dan Taman Budaya Gunung Payung. Pendapatan desa Kutuh bisa melebihi Rp 50 miliar setahun.

2. Desa Ponggok, Jawa Tengah

Desa yang terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini awalnya bukanlah desa yang makmur. Dahulu pendapatannya hanya 80 juta rupiah per tahun namun kini ia mampu berkembang pesat sehingga pendapatan tahunannya bisa melebihi 14 miliar rupiah.

Desa ini mampu menarik puluhan ribu wisatawan hanya dalam waktu seminggu. Salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi adalah Umbul Ponggok, mata air yang dijadikan objek wisata.

3. Desa Bendar, Jawa Tengah

Desa Bendar adalah salah satu desa di Juwana, Pati, Jawa Tengah. Berbeda dengan dua desa sebelumnya yang mampu menarik wisatawan karena daya tarik wisatanya.

Desa Bendar merupakan salah satu desa terkaya karena mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Mereka memiliki produsen besar yaitu berkisar Rp 80-100 juta dalam sebulan.

4. Desa Waturaka, NTT

Desa Wataruka merupakan salah satu desa yang menawarkan pemandangan indah dan ekowisata. Terletak di Kecamatan Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Desa Wataruka karena wisatawan di desa ini diajak untuk melakukan aktivitas layaknya penduduk asli Desa Waturaka.

Baca juga: 7 Negara Harga Tes PCR Termurah, Kenapa Indonesia Mahal?

Beberapa tempat wisata yang ada di desa ini adalah Danau Kelimutu. Pada tahun 2017, Desa Waturaka dinobatkan sebagai Desa Wisata Alam Terbaik.

5. Desa Teluk Meranti, Riau

Desa ini sangat populer di kalangan peselancar. Terletak di Riau, banyak peselancar lokal dan mancanegara mengunjungi Riau untuk merasakan ombak Bono.

Di Desa Teluk juga terdapat beberapa objek wisata dan kegiatan budaya lainnya yang juga menarik untuk diikuti.

6. Desa Kasongan Yogyakarta

Desa di Bantul, Yogyakarta ini merupakan desa yang dikenal sebagai sentra kerajinan gerabah. Gerabah Kasongan memiliki sejarah panjang sejak abad ke-17.

Mayoritas penduduk desa bekerja sebagai pengrajin gerabah. Hasil kerajinan gerabah ini biasanya banyak dilihat oleh wisatawan mancanegara sehingga penduduk desa ini bisa sejahtera berkat kerajinan gerabah tersebut.

7. Desa Sungai Nyaloh, Sumatera Barat

Berada di pesisir selatan Sumatera Barat, desa ini menawarkan pantai dan perbukitan yang indah. Karena itulah tempat ini sering dijadikan sebagai tujuan liburan oleh banyak orang.

Baca juga: 7 negara tanpa malam di dunia

Desa yang masih terjaga keindahannya ini memiliki hutan mangrove seluas 400 hektar dengan berbagai jenis biota laut. Destinasi wisata yang cocok adalah Teluk Carocok Tarusan.

8. Desa Cikole, Jawa Barat

Desa Cikole terletak di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani sayuran, mulai dari tomat, sawi, timun, kentang, cabe dan lain-lain.

Sudah diketahui umum bahwa Bandung adalah kota yang sejuk dan memiliki pemandangan yang indah. Desa ini bisa dijadikan tujuan wisata jika Anda lelah dengan kota yang panas dan padat.

9. Desa Krui, Lampung

Desa Krui merupakan desa terkaya selanjutnya di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Ombak Krui yang terkenal bisa kamu temui salah satunya di Pantai Labuhan Jukung.

Ombak besar itu adalah ombak kelas internasional atau dunia lho. Bahkan pernah dikontraskan dengan ombak di Bali, bahkan di Hawaii. Destinasi wisata di desa ini antara lain air terjun, arung jeram, water tubing dan lain-lain.

Beberapa desa terkaya di Indonesia tersebut di atas telah melalui proses panjang dalam mengelola pengembangan dan pemanfaatan potensi alam. (c)

Pengarang: Adinda Septia Putri

Penerbit: Haerani Hambali

* BACA BERITA TERBARU SELENGKAPNYA DI BAWAH INI BERITA GOOGLE

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button