Kampung miliarder itu ada di Gresik! Inilah Desa Sekapuk, desa terkaya nomor 1 di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Kampung miliarder itu ada di Gresik! Inilah Desa Sekapuk, desa terkaya nomor 1 di Jawa Timur

Kampung miliarder itu ada di Gresik!  Inilah Desa Sekapuk, desa terkaya nomor 1 di Jawa Timur

SurabayaNetwork.id – Selamat datang di Desa Sekapuk, desa miliarder di Jawa Timur dengan segudang prestasi di bidang ekonomi dan pariwisata.

Desa Sekapuk sendiri merupakan sebuah desa di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Desa ini menawarkan tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Maka tak heran jika warganya memiliki penghasilan yang fantastis.

Namun dibalik kesuksesannya, siapa sangka Desa Sekapuk pernah menjadi desa tertinggal?

Baca Juga: Apakah Ada Kota Di Atas Papan di Papua? Inilah 5 kota terunik di Indonesia yang jarang diketahui orang

Sebelumnya, Desa Sekapuk tergolong desa tertinggal. Selain itu, ketimpangan sosial di desa sangat tinggi dan rawan konflik.

Namun saat ini, Desa Sekapuk yang berpenduduk 6.000 jiwa telah mendeklarasikan diri sebagai desa miliarder yang pendapatan asli desanya mencapai Rp 3,412 miliar.

Warga Desa Sekapuk yang dipimpin Kepala Desa Abdl Halim kini menjadi miliarder setelah sukses menyulap kawasan bekas tambang kapur menjadi destinasi wisata bernama Setigi.

Nama Setigi berasal dari kata selo yang berarti batu karang, tirto yang berarti air dan giri yang berarti bukit.

Dengan latar perbukitan kapur yang Instagrammable, wisata Setigi menjadi primadona bagi warga Gresik dan sekitarnya, seperti Surabaya, Sidoarjo, Lamongan hingga Tuban.

Desa Sekapuk juga memiliki lima unit usaha yang menopang perekonomian masyarakat desa.

Baca Juga: Adakah JALAN GINJAL di Bandung? Cari tahu sejarah dan fakta unik jalanan paling sadis di Bandung yang sarat kriminalitas

Kelima unit usaha tersebut adalah Wisata Setigi, unit Perusahaan Air Minum Masyarakat (PAM), perusahaan multijasa yang melayani simpan pinjam masyarakat, pengelolaan limbah masyarakat dan pengelolaan tambang.

Menurut Khofifah, Gubernur Jawa Timur, dalam rangka pembangunan ekonomi pedesaan pascapandemi Covid-19, program yang dikembangkan pemerintah desa Sekapuk bertujuan untuk menjadi inspirasi bagi desa lain di Jawa Timur.

“Mudah-mudahan bisa dikembangkan, wilayahnya masih sangat luas. Tempat wisata ini sangat Instagrammable, dan banyak sudut tempat wisatanya, ada 24 spot,” ujarnya.

Desa Sekapuk kini memiliki pendapatan hampir miliaran rupiah. Penghuni juga memiliki mobil mewah yang harganya sangat mahal.

Pada tahun 2018, Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Sekapuk sekitar Rp 575,7 juta. Kemudian meningkat menjadi Rp929 juta pada tahun 2019 dan mencapai Rp1,4 miliar pada Oktober 2020.

Baca Juga: Apakah Ini Surga Dunia? Berikut 10 pantai terindah di Gresik tepatnya ada Raja Ampat Papua

PADes menyumbang 68 persen dari keuangan desa. Sisanya, Dana Bagi Hasil Pajak (BHP) 3 persen, Alokasi Dana Desa (ADD) 7 persen, dan Dana Desa (DD) 22 persen.

Karena itu, Desa Sekapuk di Gresik akhirnya berhasil menjadi salah satu desa terkaya di Indonesia khususnya di Jawa Timur mengalahkan desa lain di Jawa Timur.***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button