Inilah 6 Kota Terbersih di Indonesia, Apakah Kota Anda Termasuk? - WisataHits
Jawa Timur

Inilah 6 Kota Terbersih di Indonesia, Apakah Kota Anda Termasuk?

Inilah 6 Kota Terbersih di Indonesia, Apakah Kota Anda Termasuk?

SurabayaNetwork.id – Apakah kota Anda termasuk? Berikut 6 kota terbersih di Indonesia versi Ilmupedia.

Untuk penilaian kota peraih Adipura yaitu bobot lokasi, komponen, sub komponen kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau. Artikel ini memperkenalkan 6 kota terbersih di Indonesia.

Inilah 6 kota terbersih di Indonesia berdasarkan peraih penghargaan Adipura. Jadi, apakah kota Anda termasuk kota terbersih dan mendapat Penghargaan Adipura? Jika ingin jawaban langsung, yuk simak pemaparan di bawah ini!

Baca Juga: 5 Daftar Desa Paling Berhantu dan Mistik di Indonesia. Siapapun yang memasukinya akan kesulitan mencari jalan keluar

Penghargaan Adipura diberikan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Adipura adalah penghargaan yang diberikan kepada kota-kota di Indonesia atas keberhasilannya dalam membersihkan dan mengelola sampah, taman, dan lingkungan kota.

Diunggah oleh Youtube MYS Creator, Judul “Kota Terbersih di Indonesia Tahun 2022 dari Ilmupedia”.

Berikut 6 kota terbersih di Indonesia versi Ilmupedia.

1.Jakarta Pusat

Kota Jakarta adalah ibu kota Indonesia dan kota besar atau metropolis terbesar di Indonesia. Penghargaan Adipura Kota Jakarta tahun 1997 membuktikan bahwa Jakarta Pusat pernah menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia.

2.Zurabaya

Surabaya adalah salah satu kota terbersih di Indonesia. Di kota Surabaya di sepanjang jalan raya terdapat berbagai taman yang terlihat asri, hijau dan segar jika dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya.

Jika kita berfoto di kota Surabaya, kita akan banyak menjumpai taman-taman yang terawat sehingga terlihat indah dan enak dipandang.

Adanya sistem pengelolaan taman kota yang baik, itulah kunci utama, kegigihan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam membangun kota berlandaskan visi ekologis, meraih penghargaan Adipura Kencana 2017, 2019 dan terbaik kategori metropolitan .

3.Palembang

Kota Palembang juga dikenal dengan kebersihan kotanya serta pemandangan yang dapat menyejukkan mata.

Keberadaan Sungai Musi merupakan keunggulan yang dapat mempercantik kota sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan, sehingga tidak dipungkiri kehijauan Palembang sudah masuk dalam daftar kota sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia.

Kota Palembang sudah tiga kali meraih penghargaan Adipura sebagai kota terbersih di Indonesia. Palembang juga telah mendapatkan penghargaan ESC (Environmental Sustainable City) di tingkat ASEAN.

4. Kasihan

Dikenal sebagai kota pendidikan, Kota Malang berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana atas keberhasilannya dalam inovasi kebersihan yaitu BSM (Bank Sampah Malang), perbaikan taman kota dan pengelolaan sampah terpadu.

5.Semarang

Ibu kota provinsi di Jawa Tengah adalah kota Semarang. Dan menjadi kota metropolitan ke-5 di Indonesia.

Adanya perkembangan ekonomi yang pesat, gedung pencakar langit yang tinggi serta lingkungan yang tertata rapi dan bersih menjadikan kota ini salah satu kota terbersih di Indonesia dalam daftar.

Kota Semarang diakui sebagai salah satu kota wisata terbersih di ASEAN pada tahun 2022-2022 oleh ASEAN Clean Tourist City.

6. Makassar

Ibukota provinsi Sulawesi Selatan adalah Makassar dengan 1,6 juta penduduk dan luas 199 kilometer persegi.

Kota Makassar terus berbenah untuk menjaga kebersihan kota, menjadikan Makassar sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia.

Kota Makassar tiga kali meraih penghargaan Adipura karena kota Makassar sukses dalam pengelolaan sampah, menjaga kebersihan kota, dan juga sukses dalam inovasi perkotaan.

Nah itulah 6 kota terbersih di Indonesia, semoga kota-kota lain juga ikut menjaga kebersihan kotanya, agar Indonesia memiliki banyak kota yang bersih terutama dari sampah dan memiliki lingkungan yang asri, asri dan enak dipandang mata. ** *

Terima update berita terpilih, berita terhangat dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung di channel Telegram Surabaya Network dengan klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button