Ini dia list wisata baru di Karanganyar untuk dijadikan referensi akhir pekan - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Ini dia list wisata baru di Karanganyar untuk dijadikan referensi akhir pekan – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengunjung menikmati pemandangan alam Perkemahan Tambak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Prefektur Karanganyar. Foto diambil beberapa minggu lalu. (Spesial/dok. Tambak Camping Ground)

Solopos.com, KARANGANYAR — Objek wisata baru terus bermunculan di wilayah Kabupaten Karanganyar. Hal ini memberikan lebih banyak pilihan bagi wisatawan untuk memilih destinasi yang sesuai dengan minatnya.

Tawangmangu dan kawasan Kemuning di Ngargoyoso adalah dua tempat wisata paling terkenal di Kabupaten Karanganyar. Namun sebenarnya, destinasi wisata di Bumi Intanganri tidak terbatas pada dua kawasan tersebut. Masih banyak lagi yang lainnya, belum lagi penambahan objek wisata baru.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Berikut ini adalah daftar tempat wisata baru di Karanganyar:

1. Danau Kusuma

Danau Kusuma KaranganyarPengembangan kawasan agrowisata dan taman air di Telaga Kusuma di Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardhani)

Destinasi wisata baru yang sedang dibangun di Kabupaten Karanganyar adalah Agrowisata dan Taman Air Danau Kusuma. Objek wisata ini dibangun oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Pembangunan objek wisata ini menelan biaya hingga Rp 5 miliar.

Nantinya, tempat ini menjadi tujuan wisata baru yang populer di Bumi Inwithoutri. Menariknya, tempat wisata seperti HeHa ini dibangun di Gunungkidul, Yogyakarta. Bedanya, tempat wisata di Danau Kusuma Karanganyar ini menawarkan pesona keindahan Gunung Lawu.

Baca juga: Pengentasan Kemiskinan Lewat Desa Wisata, Kemuning Buktikan

Kepala Desa Tunggulrejo, Parno Karyo Sumarto, merencanakan pengembangan agrowisata dan taman air Danau Kusuma, yang diharapkan selesai bulan depan.

“Kami akan memulai agrowisata dan Taman air Tepatnya pada hari jadi Karanganyar, 18 November,” katanya saat dipukul Solopos.com di Tunggulrejo, Sabtu (27/822).

Danau Kusuma menempati perbendaharaan desa seluas 1,4 hektar (ha). Di agrowisata ini, pengunjung disuguhi taman yang indah dengan aneka bunga. Lalu ada kafe dan restoran, serta paviliun di berbagai tempat. Selain itu, telah dibangun enam kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, lengkap dengan perosotan.

Sebuah tempat khusus akan dibangun di antara kolam-kolam ini snorkeling. Pengunjung bisa menyelam dengan pemandangan ikan yang indah. “Nantinya, pengunjung bisa berswafoto dengan ikan hias di dalam air,” ujarnya.

Selain taman dan kolam renang, pemerintah desa juga membangun gedung serba guna di lokasi ini. Kemudian bioskop untuk dilihat pengunjung.

2. Kolam renang Tirta Arum

Kolam renang Karangkramat KebakkramatBupati Karanganyar Juliyatmono melempar bola ke arah anak-anak saat peresmian kolam renang Tirta Arum di Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar pekan lalu. (Spesial)

Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar kini memiliki kolam renang baru yang dibuka untuk umum. Namanya Kolam Renang Tirta Arum.

Kolam renang ini sudah dibangun sejak tahun 2019 namun terhenti karena pandemi Covid-19. Konstruksi baru dimulai kembali pada 2022 sebelum akhirnya selesai pada Agustus 2022.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Kumpulkan Dana CSR Bangun Tangga di Gunung Lawu

“Sumber uang untuk kolam ini berasal dari dana desa, dukungan keuangan dan pendapatan asli desa,” kata Kepala Desa (Kades) Waru Sularto saat peresmian kolam baru-baru ini.

Ditambahkannya, pembangunan kolam renang ini disambut baik oleh warga Desa Waru. Tirta Arum menjadi sarana rekreasi dan olah raga bagi masyarakat, yang kemudian diharapkan dapat menghasilkan perenang yang handal.

3. Perkemahan Berjo

Perkemahan Tambak Berjo Ngargoyoso KaranganyarKeindahan lampu di Karanganyar dapat dinikmati dari Perkemahan Tambak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Prefektur Karanganyar. Foto diambil beberapa minggu lalu. (Spesial/dok. Tambak Camping Ground)

Selain Air Terjun Jumog dan Telaga Madirda, Desa Berjo di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar kini juga memiliki camping ground atau perkemahan. tempat perkemahan Baru. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk jalur Gunung Lawu via Tambak.

Situs ini cukup besar, sekitar 1 hektar, dengan ruang untuk 100 tenda. Oleh karena itu dapat digunakan untuk kegiatan camping yang sibuk dalam kelompok atau instansi.

Seperti di tempat perkemahan lainnya, terdapat fasilitas sanitasi dan penerangan yang cukup. Saluran listrik yang disediakan juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan berkemah dan menyalakan perangkat listrik lainnya. Terutama mengisi daya ponsel.

Baca juga: Desa Berjo Karanganyar Punya Bumi Perkemahan Baru, Pemandangannya Menakjubkan

Salah satu daya tarik tempat perkemahan itulah pemandangannya. Dari perkemahan di 1.180 meter di atas permukaan laut (m.ü.M.), pengunjung melihat ke pedesaan.

Pada malam hari, pengunjung dapat melihat keindahan lampu rumah atau lampu kota di daerah Karanganyar, Solo dan sekitarnya. Dalam cuaca cerah, pemandangan ini tentu saja dapat dilihat.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button