Ini dia 4 makanan khas Magelang yang wajib kamu coba - WisataHits
Jawa Barat

Ini dia 4 makanan khas Magelang yang wajib kamu coba

Ini dia 4 makanan khas Magelang yang wajib kamu coba – SigiJateng.id

Mangut beong food (foto instagram mamirakoes)

SIGIJATENG.ID – Anda yang menyukai wisata kuliner wajib memasukkan kota Kabupaten Magelang ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Karena Kuliner di Kota Magelang bisa menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan bagi Anda dan ada berbagai macam masakan lezat yang bisa Anda cicipi.

Berikut 4 kuliner khas Magelang yang wajib Anda coba pertama kali.

  1. tahu kupat
    Tahu Kupat Magelang lebih sering disebut dengan Tahu Kupat. Tahu kupat atau tahu kupat Magelang menggunakan tahu putih sebagai lauk kupat, berbeda dengan tahu kupat di Bandung yang menggunakan tahu kuning sebagai lauk. Kupat tahu magelang juga disajikan dengan lebih banyak sayuran daripada kupat tahu di Bandung.
    Ada beberapa warung kupat tahu terkenal yang sering dikunjungi para artis ibu kota dan wisatawan domestik maupun mancanegara, di antaranya Kupat Tahu Pak Pangat.
    Dapur Pak Pangat sudah ada sejak tahun 1985, warung ini buka dari pukul 08.00-17.00, rumah makan ini terletak di Jalan Senopati, dekat SMP N 7 Magelang. Bedanya dengan Kupat Tahu Pak Pangat hanya kol yang digunakan digoreng terlebih dahulu, jadi tidak dalam bentuk kol mentah seperti biasanya. Seporsi Kupat Tahu Pak Pangat hanya seharga 14.000 rupiah.
  2. Sup Senerek
    Kuliner kedua adalah Sop Senerek. Sop ini berbeda dengan sop biasa yang banyak isian sayurnya, Sop Senerek hanya terdiri dari kacang merah, bayam, wortel dan daun bawang. Kemudian kaldu segar berisi daging sapi atau babat dituangkan ke seluruh isian. Untuk mencicipi kelezatan semangkuk kuah senerek, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 13.000 rupiah saja lho.
    Warung Makan Senerek “Bu Atmo” adalah warung soto paling populer dan legendaris di Magelang. Warung yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun ini sudah memiliki banyak penggemar dan juga sering diburu oleh para wisatawan.
    Stand Makanan Ibu Atmos berlokasi di 3 Jalan Pangeran Mangkubumi, Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.
  3. manut beong
    Mangut Beong sendiri baru dikenal luas dalam beberapa tahun terakhir. Awalnya, seni kuliner ini disiarkan oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional. Berkat informasi dari media, orang menjadi penasaran dan ingin mencobanya.
    Ikan Beong sendiri merupakan ikan endemik yang hanya bisa ditemukan di sungai-sungai, jika di Kabupaten Magelang Ikan Beong ini bisa kita temukan di Sungai Progo. Bentuk ikan beong mirip dengan ikan lele, namun lebih besar dan memiliki daging yang cukup banyak di bagian kepalanya.
    Warung Makan Mangut Beong Sehati yang berbasis di Borobudur adalah penjual Mangut Beong yang terkenal. Tak hanya warga Kabupaten Magelang saja yang suka menikmati mangut ini, para wisatawan luar kota dan mancanegara pun sepertinya sudah beberapa kali berkunjung ke rumah makan ini. Para pejabat, artis, dan tokoh masyarakat lainnya juga kerap mampir ke restoran ini hanya untuk mencicipi rasa pedas mangut beong.
    Selain rasanya yang enak, harga yang terjangkau juga menjadi daya tarik bagi pengunjung. Satu porsi mangut dijual mulai dari Rp 20.000,00 hingga Rp 50.000,00. Harganya bervariasi tergantung ukuran ikan yang disajikan. Harga ini tentu sebanding dengan kelezatan antara ikan, sayuran langka dan sepiring nasi hangat yang akan dinikmati pecinta kuliner.
  4. Bubur Blendrang
    Rekomendasi terakhir ini adalah pengalaman kuliner yang unik karena sajiannya yang tidak biasa. Tepatnya di Dusun Bintaro, Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, ada Bubur Blendrang. Tumbuk yang satu ini memang melegenda, lalu penjualnya meneruskan menu ini secara turun temurun.
    Bubur ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan tulang ayam atau kambing. Harga bubur ini sangat terjangkau. Meski tempat penjualannya berada di desa, pembelinya selalu berganti-ganti.
    Keistimewaan bubur ini adalah isinya tulang kambing dan ayam. Pembeli bisa memilih bubur dengan tulang kambing atau ayam. Siapapun yang membeli rata-rata sudah menjadi pelanggan.
    Ups, membaca ulasannya mungkin membuat para pecinta kuliner ngiler, yuk luangkan waktu dan tentunya budget untuk berkunjung ke Magelang dan menikmati kuliner khasnya! (menegur)

Previous Article6 Kuliner Khas Boyolali yang siap menggoyang lidah















































DPRD Jawa Tengah dprd.jatengprov.go.id/

dprd dari Jawa Tengah dprd.jatengprov.go.id/

dprd dprd.jatengprov.go.id/

Data dprd data.dprd.jatengprov.go.id/

dprd Berita BERITA DPRD JAWA TENGAH/


bkpp kendal bkpp.kendalkab.go.id/

kendal kendalkab.go.id/


Cek informasi terbaru seputar Jawa Tengah di sigijateng.id/

Mau tau trend mana yang sedang hype cus trendnesia.com/





Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button