Jelajahi pesona tersembunyi Air Terjun Kalipancur di pelosok Se - WisataHits
Jawa Tengah

Jelajahi pesona tersembunyi Air Terjun Kalipancur di pelosok Se

Brilio.net – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona. Beragam jenis wisata alam di Indonesia menjadi sorotan para pelancong mancanegara maupun lokal. Tempat wisata alam tersebut dapat berupa pantai, air terjun, pegunungan, air terjun dan lain sebagainya.

Salah satu wisata alam Indonesia yang menarik adalah wisata air terjun. Beberapa air terjun di Indonesia memiliki suasana yang bagus dan masih sangat terawat. Salah satunya Air Terjun Kalipancur, Samaran.

Air Terjun Kalipancur © 2022 brilio.net

Foto: Agung Pradana Putra

Dikenal sebagai Surga di pelosok Semarang, air terjun ini tepatnya berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, atau sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga. Air Terjun Kalipancur dibuka sebagai objek wisata pada tahun 1980.

Air Terjun Kalipancur juga merupakan air terjun tertinggi di Semarang, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter. Keunikan air terjun Kalipancur sendiri selain tingginya juga dikelilingi oleh tebing-tebing yang memukau.

Tebing yang mengelilingi Air Terjun Kalipancur juga memiliki beberapa gua yang menurut masyarakat setempat merupakan sarang burung walet. Air terjun yang berada di bawah lereng Gunung Telomoyo ini juga masih menjadi rumah bagi beberapa spesies satwa karena alamnya masih terjaga dan ekosistemnya masih cukup alami di sana.

“Iya pak, monyet yang anda lihat biasa berkeliaran di sekitar area ini untuk berjemur dan bermain. Selain monyet, di sini juga ada macan emas, tapi jarang muncul apalagi malam hari kalau siang aman, kalau ketemu orang kabur juga,” kata Suroto, 80, Penjaga Air Terjun Kalipancur.

Air Terjun Kalipancur © 2022 brilio.net

Foto: Agung Pradana Putra

(brl/lea)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button