Solo Haul Peak berlangsung pada 16 November 2022, berikut rangkaian kegiatannya - WisataHits
Jawa Tengah

Solo Haul Peak berlangsung pada 16 November 2022, berikut rangkaian kegiatannya

Solo, NU Online Jawa Tengah
HUT (Haul) Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi (Kakek Habib Anis Al-Habsyi) ke-111 tahun 2022 akan diperingati mulai Senin hingga Rabu (14-16/11/2022) di Kompleks Masjid Arriyadh, Jalan Kapten Mulyadi , Solo.

Putra Imam Masjid Ar-Riyad yang mewakili keluarga Habib Ali bin Hasan ini menjelaskan, acara tahun ini dimulai tiga hari sebelum perayaan. Secara rinci, shalat Ashar akan dilaksanakan berjamaah pada 12 dan 13 November pukul 15.00 WIB. Teruslah membaca Al-Qur’an dan nasehat Habib Ali sampai datangnya waktu Maghrib.

“Jalan Kapten Mulyadi mulai ditutup pada pagi hari tanggal 14 November. Karena pada hari ini acara besar dimulai. Prosesnya sama seperti hari sebelumnya. Hanya saja acara tersebut berlangsung lebih lama hingga salat Isya. Ada tambahan kuliah dan makan malam yang kami sajikan untuk para tamu,” jelasnya.

Acara utama dikatakan berlangsung pada 15 November pukul 09:00 – 12:00. Para peziarah atau tamu akan menyanyikan keindahan Surat Yasin dan Tahlil. Anda juga akan membaca kisah Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Sehingga pelajaran hidupnya dari lahir sampai mati bisa dijadikan teladan.

“Mungkin ada beberapa ulama yang bisa memberi saran. Setelah itu, para tamu dimanjakan dengan makan siang. Beralih ke agenda setelah makan malam yaitu Hajir Marawis. Pada hari terakhir, ada jadwal ulang tahun pada Rabu (16/11/2022) mulai setelah waktu shalat Subuh hingga pukul 09.00,” ujarnya.

Dikutip dari radar solo, Habib Ali bin Hasan mengaku menyediakan lokasi sementara. Begitu juga dengan jamuan dan minuman yang akan dihidangkan pada 14-16 November mendatang.

“Tamu yang datang secara sukarela bukan hanya warga Solo. Mereka datang dari berbagai daerah dan negara. Aceh dan Kalimantan adalah yang terjauh. Bahkan ada yang dari luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Yaman, Arab Saudi dan Dubai,” jelasnya.

Acara haul tidak hanya diadakan di Indonesia. Agenda serupa juga digelar di tempat kelahiran Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Bahkan ada acara kecil untuk merayakan hari itu.

Sekilas Tentang Habib Ali bin Muhammad A-Habsyi

Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi (kakek dari Habib Anis Al-Habsyi) di Solo telah menjadi daya tarik di seluruh dunia. angka Mengubah (penulis) kitab Maulid Simtuddur membuat jemaah haji dari berbagai negara seperti Yaman, Singapura dan Afrika siap memadati area Masjid Riyadh, Jalan Kapten Mulyadi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Peringatan Haul Habib Ali Solo berlangsung selama tiga hari pada tanggal 19, 20 dan 21 bulan keempat Hijriyah, yaitu bulan Rabiul Akhir. Melihat kondisi di lapangan, pecinta Habaib yang keranjingan memenuhi jalanan sekitar, inilah wisata religi paling spektakuler di kota Solo.

Acara yang digelar di kompleks Masjid Ar Riyadh ini sudah menjadi program tahunan Pemkot Solo. Perlu dicatat bahwa Masjid Ar Riyadh hanyalah sebuah masjid kecil zawiyah atau tempat menimba ilmu di pojok masjid. Karena keterbatasan tempat, para tamu angkutan membanjiri sepanjang Jalan Kapten Mulyadi.

Meski kecil, masjid ini memiliki nilai yang besar bagi para peserta transportasi. Ada tiga makam di Masjid Riyadh yaitu makam Habib Alwi bin Ali, Habib Ahmad bin Ali dan Habib Anis bin Alwi. Mereka adalah keturunan Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Ayah Habib Ali adalah seorang mufti di kota Mekkah, Arab Saudi. Nama Habib Ali sudah terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai negara. Transportasi ini diikuti oleh peserta dari berbagai belahan dunia setiap tahunnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button