Infrastruktur Dataran Tinggi Borobudur akan mulai dibangun pada tahun 2023, termasuk wisata sepeda treetop - WisataHits
Jawa Tengah

Infrastruktur Dataran Tinggi Borobudur akan mulai dibangun pada tahun 2023, termasuk wisata sepeda treetop

TEMPO.CO, Yogyakarta – Badan Otorita Borobudur (BOB) menyebut pembangunan fisik kawasan wisata Dataran Tinggi Borobudur akan dimulai pada 2023. Kawasan wisata ini nantinya tersebar di tiga kabupaten di DIY dan Jawa Tengah, yakni Kabupaten Kulon Progo, Purworejo, dan Magelang.

“Hak kelola lahan seluas 50 hektare untuk penggunaan kawasan sudah diberikan, sehingga konstruksi akan dimulai secara paralel pada 2023,” kata Direktur Pelaksana Harian Kepala Pelaksana Badan Otorita Borobudur Agustin Warinangin, Sabtu. 24 Desember 2022.

Agustin mengatakan Borobudur Highland merupakan salah satu dari empat besar program destinasi wisata tahun 2023 yang disusun BOB sebagai organisasi Kementerian Pariwisata. Kawasan wisata tersebut nantinya menjadi wahana pengembangan berbagai atraksi wisata dan event center.

“Salah satu event yang infrastrukturnya akan dibangun di kawasan itu mulai tahun 2023 adalah fasilitas bersepeda antar pohon atau antar pohon. puncak pohon Untuk pergi bersepeda‘ kata Agustinus.

Tidak main-main, arena bersepeda treetop yang akan dibangun di kawasan perbukitan Menoreh ini akan cukup panjang, tiga kilometer. Dengan wahana ini, wisatawan dapat merasakan sensasi baru bersepeda, yaitu melihat kawasan perbukitan Menoreh dari atas jalur tree-to-tree.

“Buat rute Bersepeda Kanopi putar inu,” kata Agustin.

Persiapan area untuk atraksi Treetop Bike Event ini akan melengkapi beberapa event yang sebelumnya sudah dijajal oleh BOB di area tersebut seperti: B. Forest Run 2022 dan Highland XC Challenge. “Di kawasan Borobudur Highland juga kami siapkan infrastruktur wahana storytelling, sarana wisata dan industri kreatif, serta amenitas milenial,” kata Agustin.

Menurut Agustin, pembangunan infrastruktur memang sudah dimulai, tapi lebih pada penyiapan akses jalan, bukan infrastruktur fisik utama. Akses yang disiapkan adalah akses dari Pasar Plono menuju Nglinggo yang terletak di Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

“Akses jalan yang kami siapkan di sana selebar enam meter,” kata Agustin.

Agustin mengatakan, pihaknya menargetkan jumlah pergerakan wisatawan ke tiga kawasan wisata Borobudur pada 2023 mencapai 277,8 juta orang, khususnya ke destinasi di Jawa Tengah dan DIY.

Baca juga: Rencana Induk Dataran Tinggi Borobudur Selesai, Tur Sisi Barat Yogyakarta Ditingkatkan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button