Info, alamat dan harga masakan sukabumi enak yang wajib kamu coba - WisataHits
Jawa Barat

Info, alamat dan harga masakan sukabumi enak yang wajib kamu coba

JawaPos.com – Daerah Sukabumi merupakan daerah kecil di Provinsi Jawa Barat. Namun, kota ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam. Kota Sukabumi juga memiliki beragam kuliner khas dengan harga terjangkau dan tentunya ramah kantong.

Saat berlibur di Sukabumi, menikmati makanan khas Sukabumi adalah hal yang mutlak. Mulai dari makanan berat, snack hingga masakan berkuah. Makanan ini juga cocok sebagai oleh-oleh bagi yang ada di rumah.

Daerah Sukabumi sangat dekat dengan Jakarta dan Bandung. Bisa jadi alternatif liburan selain ke Puncak, Bogor. Kuliner di Sukabumi ini sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur di akhir pekan. Bagi Anda yang ingin kulineran hemat, kawasan Sukabumi juga bisa menjadi jawabannya. Ini dia daftar rekomendasi kuliner khas sukabumi yang wajib kamu coba.

1. Bubur Ayam Bunut

bubur ayam. (Instagram Hazeleufraxiadonna)

Rekomendasi kuliner kali ini adalah Bubur Ayam Bunut. Makanan ini berbeda dengan bubur pada umumnya. Bubur bunut ayam memiliki daya tarik tersendiri karena disajikan dengan topping yang sangat melimpah. Seperti risol, bihun, pepes hingga suwiran ayam. Topping sate juga tersedia di meja.

Bubur Ayam Bunut didirikan pada tahun 1975. Oleh karena itu, bubur ini sudah memiliki pasarnya sendiri. Selain itu, di daerah Sukabumi, Bubur Ayam Bunut ini memiliki cabang yang cukup banyak.

Harga seporsi Bubur Ayam Bunut hanya Rp 18.000-20.000. Jika Anda tertarik mencoba kuliner khas Sukabumi, kunjungi alamat Jalan Siliwangi Nomor 93, RT 01 RW 04, Cikole, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

2. Surabi Sukabumi

Kue Mochi Sukabumi. (Instagram Indosnack123)

Rekomendasi kuliner selanjutnya adalah surabi sukabumi. Sukabumi memiliki masakan surabi yang berbeda dengan surabi lainnya. Salah satu perbedaannya adalah pada komposisinya karena mengandung durian.

Surabi Durian adalah salah satu kuliner khas Sukabumi. Aromanya yang lezat dan rasanya yang lembut membuat orang enggan untuk mencobanya.

Harga seporsi surabi ini hanya Rp 10.000. Anda bisa menemukannya di sepanjang Jalan Sudirman nomor 73, Gunung Parang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

3. Bandros Ata

Bandros Ata. Ian Stithaprajna melalui Google Maps

Rekomendasi kuliner selanjutnya adalah makanan yang enak dan empuk saat disantap. Komposisinya terdiri dari tepung terigu, telur, gula, mentega dan serpihan kelapa. Apalagi saat membuka kuliner khas Sukabumi yaitu Bandros Ata. Meski dengan bahan yang sederhana, Bandros memiliki cukup banyak penggemar.

Kelezatan kuliner Bandros ini dinikmati di malam yang dingin. Cocok juga untuk disandingkan dengan minuman pelengkap berupa bandrek berbahan jahe, campuran gula merah dan rempah-rempah.

Harga kuliner Bandros Ata cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 18.000 untuk satu porsi. Kuliner Bandros Atta berlokasi di 4 Jalan Gudang, Kebon Jati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

4. Kue Mochi Sukabumi

Kue Mochi Sukabumi. (Instagram Indosnack123)

Jika ingin membeli oleh-oleh khas sukabumi, kue mochi bisa menjadi pilihan. Dengan rasa yang manis dan tekstur yang lembut, orang tua dari anak-anak pasti akan menyukai kulinernya.

Awalnya, mochi adalah makanan khas Cina. Namun, akulturasi juga membuat mochi populer di sukabumi. Ada banyak rasa, dari isian kacang, cokelat, hingga durian.

Harga Mochi, makanan khas Sukabumi kali ini berkisar Rp75.000 hingga Rp78.000. Jika ingin membeli oleh-oleh khas Sukabumi, langsung saja ke Jalan Kaswari Nomor 1, Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

5. Nasi Ungu

Nasi Ungu. (Instagram/Dapurfibie)

Rekomendasi kali ini adalah makanan khas sukabumi berupa nasi. Namun dengan tekstur dan warna yang berbeda. Yaitu nasi ungu sukabumi. Warna ungu pada nasi ini berasal dari bahan alami seperti ubi ungu dan bit.

Hidangan khas Sukabumi sebenarnya adalah nasi uduk ungu dengan berbagai lauk yang lezat. Sayang sekali jika Anda tidak mencoba nasi ungu saat berkunjung ke Sukabumi.

Jika ingin menikmati nasi ungu khas Sukabumi, Anda bisa mengunjungi Jalan Brawijaya Nomor 16, Sriwidari, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat secara langsung.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button