Indonesia Malaysia Thailand Growth triangle dorong konektivitas dan pariwisata di tiga negara - WisataHits
wisatahits

Indonesia Malaysia Thailand Growth triangle dorong konektivitas dan pariwisata di tiga negara

Indonesia Malaysia Thailand Growth triangle dorong konektivitas dan pariwisata di tiga negara

Piknikdong.com – Hasil KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-15 diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan sektor pariwisata ketiga negara.

Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, di Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/5/2023).

IMT-GT memperkuat konektivitas dan pariwisata di tiga negaraSuasana pertemuan ke-15 negara perwakilan IMT-GT (Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand) dalam KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo pada Kamis (11/5/2023). (Foto: Fotografer Tuan Rumah ASEAN2023)

Sementara itu, Indonesia telah meluncurkan Program Visiting Year IMT-GT 2023-2025 sebagai sub-region ASEAN, yang diharapkan melibatkan 10 provinsi di Sumatera serta Thailand selatan dan Malaysia.

“Salah satu isu utama adalah dukungan industri, termasuk industri pariwisata, serta membangun konektivitas sehingga tujuannya dapat lebih meningkatkan kunjungan wisatawan,”

dia berkata.

Menurut Sandiaga, ketiga negara tersebut secara geografis dan budaya berdekatan.

“Saya berharap kita bisa mencapai target awal 60 juta wisatawan dengan tahun kunjungan IMT-GT 2023-2025, sehingga ada potensi tambahan devisa US$75 miliar.

Indonesia telah diundang untuk menjadi pemimpin kunjungan tahun ini,”

kata Sandiaga.

Seperti disebutkan, Sandiaga akan memulai dengan meluncurkan program ini di Bangka Belitung dan Sumatera Selatan.

“Setelah itu kita akan datang ke sepuluh provinsi di Sumatera, termasuk event di Malaysia dan Thailand.

Juga konektivitas antara Batam-Bintan dan Malaysia-Johor serta beberapa destinasi lainnya untuk meningkatkan konektivitas ketiga negara tersebut”,

dia berkata.

Terakhir, kata Menparekraf Sandiaga, pihaknya akan menggelar global entrepreneur summit di Padang, Sumatera Barat.

“Sebelumnya, saya langsung mengundang Perdana Menteri Malaysia dan pejabat pemerintah Thailand serta Sekjen ASEAN untuk hadir dalam acara tersebut.

Sebagai bagian dari acara yang dirancang untuk IMT-GT,”

dia berkata.

Delegasi Malaysia dan Thailand pun menyambut baik rencana Indonesia tersebut, apalagi salah satu pilar yang akan dipromosikan adalah wisata halal yang dinominasikan oleh Malaysia dan Thailand.

“Saya juga membawa oleh-oleh untuk Labuan Bajo, tadi sambil mengawal pemerintah Singapura, kami berkesempatan untuk membicarakan terbang dari Singapura ke Labuan Bajo,”

kata Menparekraf Sandiaga.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-15 pada Kamis (5/11/2023) di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Presiden Jokowi mengungkapkan kegembiraannya bahwa di tengah situasi global, pada tahun 2021 volume IMT-GT berhasil mencapai 618 miliar dolar AS.

IMT-GT diharapkan semakin mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan guna menghadapi berbagai tantangan ke depan yang tidak mudah.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button