Ikuti duta bahasa nasional, Duta Bahasa DIY menjelaskan aplikasi Bejaji - WisataHits
Yogyakarta

Ikuti duta bahasa nasional, Duta Bahasa DIY menjelaskan aplikasi Bejaji

YOGYAKARTA, SUARA KEMERDEKAAN – Duta Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Duta Bahasa tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 23-28 Oktober.

Bryan Pratama Putra dan Dyah Niken Rahmawati, duta bahasa Yogyakarta terpilih Juli lalu, menyiapkan materi inovasi literasi berupa aplikasi Bejaji.

“Semoga aplikasi Bejaji ini dapat menarik perhatian dewan juri serta program kerja atau krida yang dihadirkan pada acara tersebut,” kata Direktur Pusat Bahasa Yogyakarta Dwi Pratiwi, Senin (17/10/2022). .

Bryan mengatakan dia akan menggambarkan empat fitur utama di Bejaji. Yakni, pertama, asisten bahasa bagi pengunjung Yogyakarta yang tidak bisa berbahasa Jawa.

Baca juga: Kebangkitan Bahasa Jawa, BBY Inisiasi Beberapa Kegiatan

Kemudian pusat informasi wisata. Misalnya, rekomendasi desa liburan dikemas dalam bentuk cerita dan arahan.

Fitur selanjutnya adalah narasi tentang budaya di Yogyakarta dalam format rekaman suara. Terakhir, panduan aktivitas disediakan dalam bahasa Indonesia, Jawa, dan Inggris.

Selain memaparkan tentang Bejaji, Bryan menambahkan bahwa dirinya dan Niken yang juga mahasiswa Universitas Gadjah Mada akan menampilkan karya sastra dan tari pada saat uji bakat.

Baca Juga: BBY-Pemkot Yogyakarta Gandeng Kembangkan Bahasa dan Sastra Indonesia

“Tes bakat ini akan kita bungkus dengan balet yang menyuguhkan lagu-lagu Jawa, pembacaan puisi dan tari bedaya,” pungkas mahasiswa Universitas Normal Indonesia Bandung itu.

Source: kedu.suaramerdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button