Pariwisata Kepulauan Seribu mulai bangkit setelah dilanda pandemi Covid-19 - WisataHits
Jawa Tengah

Pariwisata Kepulauan Seribu mulai bangkit setelah dilanda pandemi Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com – Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Seribu mulai bangkit pasca keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif Kepulauan Seribu Puji Astuti mengatakan pada Desember 2022, pihaknya akan menggelar berbagai acara, antara lain pertunjukan musik dan pameran, pada malam tahun baru 2022 hingga 2023 di pulau-pulau wisata.

“Kami akan melakukan sisanya untuk tahun baru acara Juga akan ada hiburan musik malam tahun baru di Pulau Panggang oleh Dinas Kebudayaan dan di Pulau Untung Jawa,” kata Puji saat dihubungi. Kompas.comSelasa (13/12/2022).

Upaya tersebut, lanjut Puji, dilakukan pada masa pemulihan setelah sektor pariwisata Kepulauan Seribu diterpa pandemi Covid-19.

Baca juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Pengawasan Prokes di Pintu Masuk Kepulauan Seribu Diperketat

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu (Pemkab) melakukan berbagai langkah untuk menarik wisatawan kembali akhir tahun ini.

“Pada saat pandemi, orang-orang sebenarnya berada dalam kondisi mereka penghasilanturun karena dulu mereka bergantung pada sektor pariwisata untuk ekonomi mereka,” kata Puji.

Meski kunjungan wisatawan masih perlahan meningkat, Puji optimistis Kepulauan Seribu akan kembali pulih seperti semula.

Dia memperkirakan jumlah wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu bisa mencapai 6.000 hingga akhir tahun.

Baca Juga: Manajemen Masih Ulangi Logo PlusJakarta dan Slogan Kolaborasi Kota Jakarta Meski Heru Budi Mengubahnya

Yang pasti, pemilik kapal dari dan ke Kepulauan Seribu sudah bersiap mengangkut wisatawan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Untuk transportasi, berapa pun jumlah wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu, pasti akan tertangani karena sebenarnya ada empat titik pemberangkatan ke Kepulauan Seribu dengan harga paket yang berbeda-beda,” kata Puji.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu juga menyediakan Pusat Informasi Turis (TIK) portabel untuk memfasilitasi pengumpulan informasi wisatawan di empat dermaga kedatangan.

Pengetatan protokol kesehatan di pintu kedatangan

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu akan meningkatkan pengawasan protokol kesehatan di pintu masuk wilayahnya selama libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Junaedi, Bupati Kepulauan Seribu, menjelaskan pengawasan dilakukan di setiap pelabuhan pemberangkatan, mulai dari Pelabuhan Kali Adem, Marina Ancol, Jakarta Utara hingga Pelabuhan Tanjung Pasir dan Pelabuhan Cituis, Rawasaban, Tangerang.

“Pengawasan ini melibatkan unsur Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, KSOP dan Pokdarwis,” kata Junaedi dalam keterangan resminya, Selasa.

Junaedi mengimbau wisatawan yang datang berlibur ke Kepulauan Seribu untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah PPKM Tingkat 1 yang ditetapkan pemerintah.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button