Hutan Pinus Amora Wuryantoro: Tempat penyembuhan dengan keindahan alam - WisataHits
Jawa Tengah

Hutan Pinus Amora Wuryantoro: Tempat penyembuhan dengan keindahan alam

WONOGIRI – Ada sejumlah hutan pinus di Wonogiri yang bisa menjadi tujuan wisata alam. Salah satunya adalah hutan pinus Amora di Kecamatan Wuryantoro. Bagaimana suasananya?

Hutan Pinus Amora terletak di Dusun Suwondo, Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro. Lokasinya tidak jauh dari Hutan Pinus Suwondo yang sudah terkenal. Hutan Pinus Amora berjarak sekitar 7 kilometer (km) selatan Alun-Alun Wonogiri Giri Krida Bakti. Perjalanan dengan sepeda motor dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Begitu sampai di lokasi, traveler bisa memarkir kendaraannya di dekat pintu masuk. Saat ini tidak ada tiket yang dikenakan untuk memasuki hutan pinus Amora. Namun, sebuah peti disediakan di sekitar pintu masuk.

Di sana, pengunjung bisa bersantai di sejumlah tempat duduk atau bangku yang disediakan pengelola. Selain itu, sejumlah paviliun siap digunakan pengunjung untuk menikmati suasana alam yang masih asri.

Tempat ini sepertinya bisa ditambahkan ke daftar tempat obat Wisatawan setelah lelah menjalani rutinitas sehari-hari. Karena jarak ke pusat Kota Wonogiri tidak begitu jauh.

Lapar atau haus? Tidak ada alasan untuk khawatir. Di tempat ini, beberapa warga setempat membuka toko. Tapi ingat, jangan dibuang. Sudah ada beberapa tempat sampah di sana.

Lokasinya cukup cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Keluarga kecil bisa dengan nyaman menempati gazebo yang disediakan.

“Hutan Pinus Amora biasanya sibuk akhir pekan. Sabtu atau Minggu biasanya ramai,” kata Hei Eko Supriyanto, pengelola tempat wisata itu.

Pengelola mengoordinasikan administrasi tempat dengan Perhutani, pemilik tanah. Dimulai pada awal pandemi Covid-19 atau sekitar tahun 2020. Hutan Pinus Amora beroperasi sekitar pukul 09:00. Beberapa waktu lalu, tempat tersebut kerap dikunjungi wisatawan hingga pukul 17.30.

“Total luas hutan pinus 5,6 hektar. Tapi kami kelola sekitar 2,5 hektar,” kata Heri.

Heri menambahkan, hutan pinus Amora menawarkan wisata alam. Paviliun ini sengaja didesain agar para pengunjung bisa saling bercengkrama sehingga bisa betah dan menikmati keindahan alam dalam waktu yang lama. (al/adi/bendungan)

Source: radarsolo.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button