HUT RI ke-77, 800.000 bendera dan spanduk dipasang di Jogja - WisataHits
Yogyakarta

HUT RI ke-77, 800.000 bendera dan spanduk dipasang di Jogja

Harianjogja.com, JOGJA — Sedikitnya 860.407 bendera merah putih dan spanduk bernuansa kemerdekaan dikibarkan di sekitar kota Jogja untuk memeriahkan HUT RI ke-77. Program ini juga dimaksudkan untuk memenuhi target pemerintah pusat menaikkan 10 juta bendera merah putih secara nasional pada 17 Agustus.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Jogja, Budi Santosa mengatakan, peringatan 77 tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini bertema “Lebih Cepat Sembuh, Bangkit Lebih Kuat”. Perayaan tersebut tentunya akan sedikit berbeda dari dua tahun pandemi sebelumnya. Pengibaran bendera merah putih di seluruh wilayah Jogja diharapkan menjadi pemicu warga untuk memeriahkan HUT kemerdekaan.

“Dimulai dan ditransmisikan ke seluruh jajaran pemerintahan sejak 2 Agustus, dan dari hasil pendataan yang dihitung desa dan kelurahan hingga 12 Agustus, sudah terpasang sekitar 860.407 bendera atau spanduk,” kata Budi. Senin (15/8/2022). ).

Budi menambahkan pihaknya sengaja menghitung pemasangan bendera tersebut untuk melihat antusiasme masyarakat pada peringatan HUT RI. Ratusan ribu bendera yang dipasang merupakan hasil pemasangan warga sekitar maupun aparat pemerintah. “Dibandingkan dengan jumlah bangunan di kota Jogja, jumlahnya sudah terlampaui. Karena berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum, jumlah gedung di Jogja sebanyak 141.000,” jelasnya.

Menurut Budi, pihaknya juga membagikan hingga 500 bendera kecil yang biasanya ditempelkan di sepeda motor warga. Hal ini juga dikatakan untuk menambah semarak perayaan kemerdekaan di jalanan Jogja. “Antusiasmenya bagus dan masyarakat heboh karena pandemi Covid-19 sudah melanda,” ujarnya.

BACA JUGA: 17 Agustus, Ikut Wisata Kaliurang dan Kaliadem Gratis!

Kepala Dinas Umum dan Protokol Sekretariat Kota Jogja Afia Rosdiana mengatakan, peringatan hari kemerdekaan akan dilaksanakan nanti dengan upacara di kompleks balai kota setempat. Peringatan dimulai pada pagi hari hingga detik-detik perayaan Kabar Sukacita. Detik Proklamasi akan dilaksanakan di Istana Negara dan disaksikan secara online oleh pejabat pemerintah setempat.

“Pada detik-detik proklamasi pukul 10-17 saat Indonesia Raya dimainkan, sirine akan berbunyi di lima lokasi untuk mengingatkan masyarakat,” kata Afia.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button