Tiket Wisata Sejarah Makam Raja Imogiri Gratis - WisataHits
wisatahits

Tiket Wisata Sejarah Makam Raja Imogiri Gratis

Tiket Wisata Sejarah Makam Raja Imogiri Gratis

Harga Tiket Masuk Imogiri Tomb of the Kings: Gratis. Jam buka: 10:00 WIB – 13:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Pajimatan, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55782.

Yogyakarta yang dulunya merupakan pusat Kesultanan Mataram memiliki hubungan erat dengan raja-raja. Berbagai wisata sejarah Kesultanan Mataram masih bisa disaksikan hingga saat ini. Yang memiliki cerita terpenting adalah kompleksnya Makam Raja-Raja Imogiri. Makam ini terletak di perbukitan dan masih merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Sewu.

Seperti namanya, tempat ini merupakan tempat pemakaman raja-raja yang pernah memerintah Kesultanan Mataram. Arsitektur kompleks pemakaman memiliki karakteristik yang mirip dengan kerajaan Islam di masa lalu. Tidak ada perubahan pada bangunan dan masih sama seperti aslinya. Lokasinya yang berada di atas perbukitan membuat suasana begitu asri. Pemandangan yang terlihat sangat indah dan menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Imogiri Tomb of the Kings

Untuk kunjungan wisatawan ke kompleks pemakaman, wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk. Namun, wisatawan bisa dengan ikhlas mengisinya di kotak amal yang disediakan. Lalu ada persewaan pakaian adat jawa untuk kebutuhan ziarah.

Harga Tiket Masuk Imogiri Tomb of the Kings
Tiket masuk Bebas

Baca: LITTLE TOKYO Tiket Masuk Murah untuk Wisata Ala Jepang

Jam Buka Makam Raja Imogiri

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, penting untuk mengetahui jam buka. Pasalnya, kompleks pemakaman ini hanya buka tiga hari dalam seminggu. Jam bukanya juga tidak terlalu lama.

Jam buka
Jumat 13.30 WIB – 16.00 WIB
minggu Senin 10.00 WIB – 13.00 WIB

Situs penting tempat peristirahatan terakhir Raja Mataram

Pemandangan makam raja di kompleks pemakaman ImogiriKompleks pemakaman ini memiliki arsitektur bergaya Kerajaan Islam Jawa abad ke-17 dengan menggunakan batu bata merah. Foto: Gmaps/Ifandri Dwi Aryono

Makam Raja-Raja Imogiri merupakan salah satu situs penting milik Kesultanan Mataram selain keraton. Karena di sanalah para pejabat Mataram tinggal. Yang menarik adalah lokasi kompleks pemakaman yang berada di atas bukit. perbukitan ini masih merupakan bagian dari rangkaian gunung sewu, sehingga pemandangan alamnya sangat indah.

Hal inilah yang mendasari nama Imogiri. Imogiri berasal dari dua orang kaya, yaitu Hima dan Giri. Hima artinya kabut dan Giri artinya gunung. Karena kawasan bukit Makam Raja-Raja Imogiri sering diselimuti kabut, terutama di pagi hari. Badan yang fit sangat dibutuhkan untuk mengunjungi tempat ini. Salah satunya adalah akan ada banyak anak tangga di sepanjang jalan menuju makam.

Baca: Tiket Masuk Wisata PANTAI PARANGTRITIS, Jam Buka dan Kegiatannya

Sejarah Makam Raja-Raja Imogiri

Keindahan Arsitektur Kompleks Makam Raja-Raja ImogiriSelain sejarahnya, keindahan bangunan menjadi daya tarik tempat ini. Foto: Gmaps/Ifandri Dwi Aryono

Kompleks pemakaman Raja Imogiri didirikan pada 1607-1645. Saat itu Kesultanan Mataram berada di bawah pimpinan Sultan Agung. Informasi ini dicatat dalam Kronik Momana. Sultan Agung memberi perintah untuk membangun makam baru di daerah yang disebut Pegunungan Merak.

Dirancang oleh Kiai Tumenggung Citro Kusumo, makam tersebut memiliki arsitektur kerajaan Islam Jawa abad ke-17. Material bangunannya mayoritas menggunakan bata merah dan masih terlihat jelas hingga saat ini. Makam ini terdiri dari beberapa kompleks yaitu Gapura Supit Urang, Pendopo Supit Urang, Tempat Penjaga Kunci, dan 4 Guci Keramat.

Sedangkan areal pemakaman raja terbagi menjadi 3 yaitu untuk Raja Yogyakarta, Raja Surakarta dan Raja Mataram. Meski kerajaan Mataram terpecah menjadi dua, raja-raja kedua kesultanan itu masih bermukim di sana. Bahkan dengan pengelolaannya selama ini berada di bawah Keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Baca: PUNCAK MALAM Panorama Tourisme des Collines

Ratusan anak tangga

Akses menuju makam berupa ratusan anak tanggaWisatawan dan peziarah harus melewati banyak anak tangga untuk mencapai kompleks pemakaman. Foto: Gmaps/Ifandri Dwi Aryono

Karena terletak di perbukitan, akses menuju kawasan kompleks pemakaman ini melalui tangga. Secara total, ada 409 anak tangga di sini. memiliki lebar 4 meter dan kemiringan 45 derajat membuatnya cukup melelahkan untuk dilalui. Jumlah anak tangga tidak sembarangan dan memiliki arti tersendiri.

Ada mitos unik yang terkait dengan jumlah langkah ini. Jika pengunjung dapat menghitung jumlah langkah dengan benar, semua keinginan mereka akan terkabul. Namun yang pasti untuk mengunjungi makam ini, wisatawan harus memastikan kondisi fisik yang baik. Sedangkan untuk turunnya bisa menggunakan ojek.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas PENGGER PINUS HUTAN

Tangga menuju Makam Pengkhianat Kerajaan

Di antara ratusan anak tangga kompleks pemakaman, terdapat sebuah anak tangga yang warnanya berbeda dari yang lain. Tangga tersebut ternyata adalah makam Tumenggung Endronoto. Seorang pengkhianat kerajaan yang membocorkan rahasia kerajaan kepada Belanda.

Karena itu, Tumenggun Endronoto dipenggal menjadi tiga bagian. Kepalanya terkubur di bawah lengkungan. Kemudian jenazahnya dikuburkan di bawah tangga dan kakinya dikuburkan di kolam. Maksud jenazahnya dimakamkan di tangga adalah agar makamnya selalu diinjak-injak.

Baca: TAMAN BUAH MANGUNAN dan Aktivitasnya

Air Padasan Efektif

Di kompleks pemakaman raja-raja Imogiri juga terdapat batu karang atau mata air. Airnya sangat menyegarkan dan bisa langsung diminum. Wisatawan juga bisa membawa pulang air dengan memberikan tahun Abdi Dalem terlebih dahulu. Untuk membawa pulang air padasan, wisatawan bisa ikhlas menggelontorkan uang ke kota infak.

Air dipercaya memiliki berbagai khasiat. Ia dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, menangkis bala, atau mencapai kesuksesan.

Baca: Pantai CEMARA SEWU, Tiket Masuk dan Aktivitas di Bantul

Berdoa di Makam Raja

Pakaian yang dikenakan saat mengunjungi makam Raja ImogiriUntuk mengunjungi dan berdoa di makam raja, seseorang harus mengenakan pakaian adat Jawa yang khas. Foto: Gmaps/SIMBAD Pro

Pada hari-hari tertentu, wisatawan bisa berdoa di depan makam raja-raja Mataram. Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan harus mengenakan pakaian khusus. Untuk pria memakai beskap, sabuk jarik dan blangkon. Sedangkan untuk wanita memakai kemben dan jarik. Untuk pakaian adat tersebut disediakan tempat persewaan.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi The Hobbit House Songgo Langit

Fasilitas Makam Raja-Raja Imogiri

Fasilitas kompleks pemakaman raja sangat lengkap dan memadai. Ada area parkir, toilet, masjid hingga warung makan. Ada juga layanan moto-taxi bagi mereka yang lelah menaiki tangga.

Lokasi Makam Raja Imogiri

Tempat wisata bersejarah ini terletak di Karang Kulon, Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 12 km dan dapat ditempuh hanya dalam waktu setengah jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button