Hasil studi dari Belanda, Kalimas akan didesain lebih menawan - WisataHits
Jawa Timur

Hasil studi dari Belanda, Kalimas akan didesain lebih menawan

Selasa, 18 Oktober 2022 – 17.54 WIB

Jawa Timur – Berbekal studi dari Belanda yang didanai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemkot Surabaya berencana “mempercantik” Kalimas dengan desain yang lebih sempurna dan menawan.

Rencana tersebut akan diresmikan pada Selasa oleh Walikota Eri Cahyadi bersama Direktur Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur Muhammad Isa Anshori dan Perwakilan Kerjasama Bidang Air Indonesia-Belanda Dr. Rien AC Dam, dibahas di kantornya 18 Oktober 2022.

Usai pertemuan, Eri menyampaikan ide memperindah Kalimas dengan desain kajian ini di Belanda, saat peresmian penyeberangan sungai tersebut, ia mengundang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk melihat keindahan alamnya. sungai ini memiliki nilai sejarah yang tinggi untuk kota pahlawan.

Bahkan, saat itu, Gubernur Khofifah langsung memanggil Kepala Badan Air, Muhammad Isa Anshori, dan memerintahkannya untuk meminta bantuan kepada pemerintah Belanda untuk memindahkan Kalimas ke tempat belajar.

“Setelah pertemuan itu ternyata Pak Isa beserta timnya dan Pak Rien AC Dam pergi ke Belanda, toh ada kajian yang dibiayai Kementerian PUPR. Jadi studi ini akan kami terapkan di Kalimas ke depan,” kata Eri.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Pastikan Ketahanan Pangan dan Ekonomi Melalui Kampung Sayur

Bahkan, lanjut Eri, Pemkot Surabaya sudah menyiapkan desain untuk mempercantik dan menyempurnakan Sungai Kalimas. Namun karena hasil kajian dari Belanda, Pemprov DKI akhirnya akan melakukan focus group discussion (FGD) untuk bersama-sama membahas dan menyempurnakan desain Kalimas.

“Setelah itu kita akan mengadakan FGD, kita juga akan memanggil ahli yang berbeda dari universitas yang berbeda untuk bersama-sama menyempurnakan desain Kalimas sehingga Surabaya Kalimas bisa menjadi masa depan. warisan ke Jembatan Merah dan Pasar Ikan Pabean,” katanya.

Oleh karena itu, Eri semakin sadar bahwa Pemkot Surabaya tidak bisa maju sendiri dalam pembangunan Surabaya, khususnya Kalimas. Melalui sinergi dengan pemerintah provinsi Jawa Timur, PUPR dan pemerintah Belanda ini diharapkan Sungai Kalimas menjadi destinasi wisata dan tempat menginap. warisan.

“Saya bilang, Terima kasih banyak (Terima kasih) Ibu Gubernur (Khofifah),” ujarnya.

Sementara itu, Komisaris Kerjasama Sektor Air Indonesia-Belanda Dr. Rien AC Dam yang kemudian memaparkan perbedaan potensi Kalimas, juga bahwa sehubungan dengan kerjasama Indonesia-Belanda di bidang air, telah dilakukan kajian dengan Pemprov Jatim di beberapa tempat, termasuk Kalimas di Surabaya.

Baca Juga: Eri Cahyadi Akan Jadikan Kebun Raya Mangrove Ikonik Wisata

“Saya sangat senang berbicara dengan walikota yang memiliki visi kota Surabaya menjadi kota yang baik, bersih dan hijau,” kata Rien.

Koridor hijau dibuat

Menurut Rien, ada potensi besar di Koridor Kalimas untuk menciptakan koridor hijau agar lingkungan lebih menarik dan dinikmati masyarakat. Bahkan, dia juga menilai ada potensi bisnis dan rekreasi di sepanjang Kalima. “Oleh karena itu, perlu dilakukan restorasi terhadap beberapa tempat menarik di kota Surabaya sebagai heritage atau sejarah modern atau mungkin sebagai tempat yang memiliki potensi bisnis,” jelasnya.

Karena itu, dia mengaku sangat senang bisa bertemu langsung dengan Walikota Eri dan jajaran Pemkot. Bahkan, dia mengharapkan kerjasama yang baik dengan Pemkot Surabaya, Pemprov Jatim dan juga pihak swasta di Surabaya.

“Saya ingin berterima kasih kepada walikota atas kesempatan ini. Saya harap kita bisa bekerja sama dengan baik di masa depan. Terima kasih sekali lagi,” katanya.

Source: jatim.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button