Harga tiket Solo Safari Zoo, jam operasional dan fasilitas pengunjung - WisataHits
Jawa Tengah

Harga tiket Solo Safari Zoo, jam operasional dan fasilitas pengunjung

Harga tiket Solo Safari Zoo, jam operasional dan fasilitas pengunjung

TEMPO.CO, jakarta — Warga Solo kini memiliki tempat rekreasi baru bernama Solo Safari Zoo. Hal itu berawal dari unggahan konten pemilik akun Tiktok @agendasolo. Video yang sudah ditonton 6,4 juta kali itu memperlihatkan bocoran berbentuk kebun binatang. Lantas kira-kira berapa harga tiket masuk Solo Safari Zoo terbaru?

Kebun Binatang Safari Solo merupakan perubahan nama dari Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta. Kebun binatang yang dibangun pada tahun 1878 ini mengalami revitalisasi tahap pertama. TSTJ dijadwalkan dibuka dan menyambut pengunjung pada 27 Januari 2023. Pernyataan tersebut disampaikan langsung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Rute dan lokasi Solo Safari Zoo

Taman Satwa Taru Jurug atau Kebun Binatang Safari Solo terletak di Jalan Ir. Sutami No.109 Eks Kentingan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya hanya sekitar 4,5 kilometer atau 10 menit berkendara dari Kantor Wali Kota Surakarta. Untuk menuju tempat tersebut, pengunjung harus melewati Jalan Jenderal Urip Sumoharjo dan Jalan Ir. Juanda.

Jam buka Kebun Binatang Safari Solo

Belum ada keterangan resmi mengenai rencana pengoperasian Solo Safari Zoo. Namun sebelumnya, Kebun Binatang Taru Jurug buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Tidak hanya untuk wisatawan domestik tetapi juga untuk wisatawan mancanegara yang kebetulan datang atau berencana mengunjungi kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lihat: Solo Safari dibuka minggu depan, siapkan kejutan koleksi hewan langka untuk pengunjung

Biaya masuk ke Solo Safari Zoo

Gibran mengumumkan bahwa tiket masuk Solo Safari Zoo untuk dewasa adalah Rp 45.000. Berikut harga tiket selengkapnya:

– Rp 45.000 untuk dewasa dan Rp 30.000 untuk anak usia 3 sampai 6 tahun (weekdays).

– Rp 60.000 untuk dewasa dan Rp 45.000 untuk anak usia 3 sampai 6 tahun (akhir pekan dan hari libur).

– Gratis untuk bayi hingga 24 bulan.

Wallaby adalah salah satu spesies dalam Koleksi Safari Solo yang dapat dilihat pada kunjungan ke kebun binatang pada hari Jumat 20 Januari 2023. PACE/SEPTHIA RYANTHIA

Cara Beli Tiket Solo Safari Zoo Online

Seperti dikutip dari situs resminya, peminat bisa memesan tiket dengan berbagai metode pembayaran. Dimulai dari transfer bank hingga dompet digital (e-wallet). Namun belum tentu Solo Safari Zoo bisa membeli tiket secara online.

Fasilitas Kebun Binatang Safari Solo

Dengan motto “Konservasi, Edukasi dan Rekreasi”, Solo Safari Zoo bukan hanya tempat wisata populer di Solo. Peremajaan yang ditandai dengan peletakan batu pertama pada 13 Agustus 2022 ini akan mengalami beberapa perubahan. Di TSTJ terdapat sejumlah fasilitas seperti mushola, kereta mini, toilet dan taman bermain anak. Ada juga tugu peringatan dan rumah kaca untuk memelihara hewan mati.

Nilai tambah Solo Safari Zoo adalah berbatasan dengan Danau dan Sungai Bengawan Solo. Perwakilan dari Taman Safari Indonesia dan Yayasan Konservasi Satwa Liar Indonesia (YMKI) menjelaskan, fasilitas terbaru Solo Safari Zoo ini didesain terbuka seperti habitat alami satwa tersebut. Sehingga wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan satwa dan memberi makan mereka.

Revitalisasi direncanakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan di sekitar danau dan kebun binatang yang telah selesai. Sedangkan tahap kedua akan dimulai pada 2023. Setelah pembangunan fisik tahap pertama, Kebun Binatang Safari Solo disebut sudah dibuka kembali untuk wisatawan.

NIA HEPPY | MELYNDA DWI PUSPITA

Baca: Review Jokowi Solo Safari: Sangat bagus dan bisa jadi destinasi wisata baru

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram http://tempo.co/. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button