Harga tiket pesawat yang tinggi tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Gunungkidul - WisataHits
Jawa Tengah

Harga tiket pesawat yang tinggi tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Gunungkidul





Wonosari, (pidjar.com) – Tingginya harga tiket pesawat mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata. Namun hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dikarenakan mayoritas wisatawan menggunakan jalur darat untuk menuju Bumi Handayani sedangkan yang menggunakan transportasi udara sedikit.

Kepala Pelayanan Parieisata Gunungkidul Mohamad Arif Aldian mengatakan mahalnya harga tiket pesawat yang dikeluhkan banyak orang, tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul. Karena rata-rata pengunjung menggunakan transportasi darat seperti mobil pribadi, elf, dan bus wisata. Pihaknya belum bisa menyebutkan berapa banyak wisatawan luar kota yang datang ke DIY dengan pesawat kemudian mengunjungi Gunungkidul.

“Ada pengaruhnya, tapi sangat kecil. Kami tidak bisa merinci berapa persen dampak mahalnya tiket pesawat terhadap kunjungan wisatawan,” kata Glarif Aldian.

Ia menjelaskan, kunjungan wisatawan selama ini masih cukup tinggi, setiap hari dan akhir pekan wisatawan masih hilir mudik memasuki kawasan wisata khususnya pantai. Observasi yang dilakukan untuk wisatawan sendiri kebanyakan berasal dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan sekitarnya. Dimana dapat diakses dengan kendaraan pribadi dengan biaya yang relatif murah.

“Kelompok keluarga, anak sekolah dan lain-lain sudah masuk lewat jalur darat. Saat ini akses lahan di beberapa daerah juga mudah dan efisien,” jelasnya.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno saat berkunjung ke Pantai Indrayanti juga menyoroti mahalnya harga tiket pesawat yang berdampak pada kunjungan wisatawan di sejumlah daerah. Pemerintah akan berupaya menurunkan harga tiket dan memaksimalkan paket wisata untuk meringankan beban biaya perjalanan wisata.

“Semoga kedepannya tiket pesawat bisa turun lagi, diskusi dan solusi sedang dicari di tingkat pusat. Gunungkidul memiliki potensi yang luar biasa, bisa menjadi destinasi wisata murah bagi wisatawan,” kata Sandiaga Uno.


Source: pidjar.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button