Ini dia 7 rekomendasi air terjun terindah di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Ini dia 7 rekomendasi air terjun terindah di Jawa Tengah

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Liburan akhir pekan adalah kesempatan terbaik untuk berwisata dan menikmati pemandangan alam yang indah dan mempesona dengan kejernihan mata air terjun di provinsi Jawa Tengah. Seperti dilansir goodnewsfromindonesia.id, Senin (24/10/22), berikut 7 air terjun terindah di Jawa Tengah yang cocok dinikmati bersama keluarga dan kerabat.

1. Air Terjun Bengkwah, di Jl. Sikasur Simpur, Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.

Air terjun ini berasal dari kata “Bengkahan Tengah Sawah”. Untuk mencapai tempat tersebut Anda harus melintasi persawahan dan hutan. Air terjun ini memiliki 3 aliran air yang sangat deras dan lebar dengan air yang jernih dan menyegarkan.

Selain bentuk air terjun yang megah, masih terdapat suasana hutan yang asri di sepanjang jalan setapak dan di sekitar area air terjun. Karena air terjun ini masih dalam cagar alam, sehingga kelestariannya tetap terjaga.

2. Air Terjun Lawe Benowo di Desa Kalisidi, Kec. Hongaria Barat, Kabupaten Semarang.

Air terjun ini sebenarnya adalah dua air terjun yang berbeda namun berada di area yang sama. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dengan debit air yang kuat dan terletak di sebuah lembah. Air Terjun Benowo memiliki ketinggian 40 meter dan terletak di tebing yang tinggi.

Untuk menuju kawasan air terjun, Anda akan melewati kawasan hutan dan cagar alam yang masih asri dan menawarkan pemandangan dari ketinggian. Jika Anda beruntung, Anda bahkan mungkin melihat kawanan lutung di kawasan hutan ini.

3. Air Terjun Sewu di Desa Curugsewu, Kec. Patean, Kabupaten Kendal.

Air terjun ini merupakan objek wisata unggulan di Kendal yang juga merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian total 80 meter dengan bentuk bertingkat. Air terjun ini memiliki 3 tingkat yang masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter, dan 20 meter.

Air terjun yang berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pemandangan hutan pinus yang indah. Bahkan, pada waktu-waktu tertentu Anda bisa melihat pelangi yang muncul dari air terjun, yang menambah keindahannya.

Untuk mencapai kawasan wisata tempat air terjun ini berada, Anda perlu menempuh jalur hutan pinus yang berkelok-kelok dan perkebunan warga sekitar yang menyegarkan dan sejuk. Selain itu, air terjun ini juga mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor karena jalannya mulus dan tidak jauh dari jalan raya.

4. Air Terjun Grojogan Sewu, Jalan Raya Tawangmangu, Desa Utuh, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Air terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu, sebelah timur kota Karanganyar. Air Terjun Grojogan Sewu memiliki arti air terjun seribu, yang berasal dari jumlah anak tangga menuju kawasan air terjun lebih dari seribu anak tangga. Ada juga yang mengatakan bahwa itu berasal dari derasnya air yang mengalir keluar dari air terjun.

Air terjun ini terletak di kawasan hutan wisata Grojogan Sewu yang di huni oleh sekelompok kera yang akan menyambut anda saat memasuki kawasan air terjun ini.

Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan air terjun setinggi 80 meter ini, tetapi Anda juga dapat melakukan aktivitas lain seperti B. berenang di kolam yang dingin dan menyegarkan atau bersenang-senang dengan Flying Fox di luar.

Baca Juga: Ini 4 Tempat Wisata Spesial di Likupang yang Wajib Kamu Kunjungi

5. Air Terjun Jenggala, di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, pemerintahan Banyuma.

Air terjun ini merupakan pertemuan Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu di kaki Gunung Slamet. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dan terbagi menjadi 3 bagian pada tingkat yang sama.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi air terjun ini, Anda akan disuguhi pemandangan 3 aliran air yang deras dan sebuah titik terpahat besar di tengah area air terjun. Selain Air Terjun Jenggala, wisata ini juga menawarkan pemandangan perkebunan lokal dan Gunung Slamet yang menjulang di kejauhan.

Untuk menuju ke area air terjun Anda perlu mengikuti jalan setapak sekitar 800 meter atau menggunakan ojek untuk sampai ke area air terjun. Dan untuk lokasi air terjun ini ada di

6. Air Terjun Telu di Desa Karangsalam, Kec. Baturad, Banyumas

Air terjun ini berasal dari tiga air terjun yang berada di satu kawasan yang sama. Air terjun ini memiliki ketinggian 8 meter dengan aliran air terjun yang sangat kuat dan dua lainnya tidak begitu kuat.

Anda tidak hanya bisa bermain air dan menikmati keindahan alam di sekitar air terjun, tetapi Anda juga bisa mengunjungi mata air Bidadari yang terletak di dekat kawasan air terjun ini. Di area mata air ini Anda bisa berenang dan bermain dengan udara yang segar dan air yang jernih.

Daya tarik utama juga adalah kawasan Air Terjun Telu yang terletak di dekat kawasan hutan. Dengan sedikit keberuntungan Anda akan bertemu dengan binatang hutan seperti musang, monyet dan landak.

7. Air Terjun Sikopel di Desa Babadan, Kec. Kabupaten Pagentan Banjarnegara.

Air Terjun Sikopel merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Banjarnegara karena panorama alam yang sejuk dan indah yang ditawarkannya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan kedalaman 10 meter. Itu terletak di antara lereng berbatu yang curam.

Selain itu, Air Terjun Sikopel memiliki keunikan yaitu adanya gua di balik air terjun ini yang konon merupakan tempat tinggal tikus putih yang dianggap keramat oleh warga sekitar. Nama Air Terjun Sikopel berasal dari kejadian Bupati Kolopaking yang mendapat kopling kuda atau tali kendali kuda saat bersemedi di gua di belakang air terjun ini.

Daya tarik lain dari Air Terjun Sikopel adalah mitos penduduk setempat yang percaya bahwa air dari Air Terjun Sikopel dapat membuat awet muda jika membasuh muka atau badan.

(bg/hn/um)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button