PLN bangun kabel listrik bawah tanah di Labuan Bajo - WisataHits
Jawa Tengah

PLN bangun kabel listrik bawah tanah di Labuan Bajo

TEMPO.CO, jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN membangun kabel listrik bawah tanah di Labuan Bajo. Pengembangan ini merupakan tahap kedua yang dilakukan di destinasi wisata prioritas tersebut.

“Tahap satu sudah selesai di kawasan Bandara Komodo. Tahap dua mempengaruhi seluruh kota Labuan Bajo tahun ini. Selanjutnya adalah kabel bawah tanah ke Tana Mori,” kata Agustinus Jatmiko, General Manager PLN Unit Induk Regional (UIW) NTT. Labuan Bajo, Rabu 17 Agustus 2022.

Jatmiko mengatakan konstruksi sedang berlangsung dan sedang berlangsung. Kini PLN juga memiliki mobil khusus untuk mendeteksi jika terjadi gangguan pada saluran listrik bawah.

Selain jaringan listrik bawah tanah, PLN telah membangun trafo 30 MVA di gardu induk Labuan Bajo. Selain itu, PLN membangun jaringan tegangan menengah dengan jaringan listrik bawah tanah untuk melayani Kawasan Ekonomi Khusus Tanah Mori. Tanah Mori ditenagai oleh gardu induk Labuan Bajo.

Secara paralel, PLN meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan layanan listrik khusus untuk konsumen di perhotelan, restoran, dermaga, bandara, rumah sakit dan instansi pemerintah. Sumber daya layanan daya premium berasal dari dua arah.

Presiden dan Direktur Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo, Flores, Shana Fatina mengatakan, peran PLN dalam menyusun target prioritas utama cukup strategis. PLN mendorong pemasangan kabel listrik bawah tanah, mendukung zero downtime dan layanan pariwisata di pulau-pulau tersebut.

Ia berharap listrik bawah tanah di Labuan Bajo dapat meningkatkan kenyamanan pemudik sekaligus meningkatkan produktivitas masyarakat. “Ini sejalan dengan visi kami tentang pariwisata yang berkualitas tinggi, berkelanjutan, berkelas dunia dan inklusif di Labuan Bajo,” kata Shana.

DIBAWAH

Baca Juga: Menteri PUPR: Tidak Ada Pembangunan Infrastruktur Baru Kecuali Inpres

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button