Harapan besar dibalik tol Cibadak-Palabuhanratu - WisataHits
Jawa Barat

Harapan besar dibalik tol Cibadak-Palabuhanratu

Sukabumi

Bupati Sukabumi Marwan Hamami berharap pembangunan tol Cibadak-Palabuhanratu bisa segera terealisasi. Jalan tol ini dimaksudkan tidak hanya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, tetapi juga untuk mendongkrak pariwisata.

Bupati Marwan menegaskan, soal tol provinsi yang kini disebut Ciratu itu sudah lama diusulkan Pemprov Sukabumi dan dibicarakan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Ya sudah jadi usulan dan sudah dibahas dengan gubernur Jabar, semoga bisa menjadi bagian dari pembangunan semua aspek di wilayah selatan Jabar,” kata Marwan. detikJabarRabu (31/8/2002).

Menurut Marwan, pihaknya terus mengikuti proses terkait rencana tersebut, termasuk kedatangan penasehat dokumen Amdal untuk penyusunan Pokja Regulasi Jalan Tol di Kementerian PUPR, Dirjen Bina Marga, di Kabupaten Cibadak beberapa waktu lalu.

“Saya berharap jalan tol ini bisa selesai karena berdampak pada kesejahteraan masyarakat di wilayah selatan Jawa Barat, khususnya Kabupaten Sukabumi. Karena hasil pertambangan, pertanian dan perkebunan khususnya pariwisata akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Herdy Somantri menambahkan, progres jalan tol tersebut sudah memasuki tahap Feasibility Study (FS) dan DED.

“Untuk pembangunan tol Cibadak-Palabuanratu sudah masuk tahap FS-DED, menurut pusat. Sekarang sudah masuk dalam RPJMD dan renstra di provinsi,” kata Herdy.

Pria yang akrab disapa Bima ini mengatakan rencana pembangunan tol ke Palabuhanratu akan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di kawasan wisata.

Untuk menyambut hal tersebut, Pemkab Sukabumi sedang mempersiapkan infrastruktur jalan seperti jalan alternatif Palabuhanratu-Cisolok yang masuk dalam perencanaan pengadaan tanah dan strategi pembangunan infrastruktur yang efektif untuk pembangunan daerah, kata Bima.

“Jadi ketika Tol Cibadak Palabuanratu menjadi infrastruktur jalan penyangga atau jalan penunjang pariwisata, sudah siap,” pungkasnya.

(Sya/Peluru)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button