Wakil Bupati Hadiri Pembukaan Otonomi Expo 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Wakil Bupati Hadiri Pembukaan Otonomi Expo 2023

SOLO, PROKOPIM – Bupati Kasmarni melalui Wakil Bupati H Bagus Santoso menghadiri Expo Otonomi 2023 pada Selasa (25/10/2022) yang dimulai di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah.

Selain Wakil Bupati Bengkalis, para pemimpin daerah se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) juga hadir dalam acara tersebut.

APKASI akan kembali menggelar pameran potensi daerah bertajuk Autonomy Expo (AOE) 2023 setelah berhasil mendorong daerah untuk mempromosikan perdagangan, pariwisata, dan barang modal melalui Autonomy Expo 2022 dengan perolehan transaksi yang signifikan.

Selain pameran, AOE 2023 juga akan menggelar rangkaian acara yang lebih berorientasi pada transaksi dan dibutuhkan oleh para peserta untuk meningkatkan perdagangan komoditas dan investasi unggulan daerah.

AOE 2023 akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, dengan mengundang lebih banyak calon pembeli dan investor dari dalam dan luar negeri.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Penerapan Otonomi Expo 2023 didukung oleh berbagai kementerian terkait seperti Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati H. Bagus Santoso berharap dengan adanya pameran AOE ini dapat meningkatkan transaksi komersial berbagai komoditas bernilai tinggi yang dimiliki kabupaten dan juga meningkatkan arus investasi ke kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia.

“AOE merupakan wadah bagi daerah untuk mempromosikan potensi unggulan masing-masing daerah, termasuk bahan baku dan peluang investasi di masing-masing daerah. Melalui expo ini, potensi daerah akan terkumpul dalam satu wadah untuk kemudian dilihat oleh calon investor nasional maupun internasional,” dia menjelaskan. .

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa promosi ini terdiri dari berbagai produk di bidang pertanian, teknologi, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pariwisata dan investasi.

“Semoga dengan adanya pameran ini dapat membantu daerah-daerah khususnya kabupaten di seluruh Indonesia untuk meningkatkan barang-barang perdagangan terpentingnya, khususnya untuk Kabupaten Bengkali,” harap wakil bupati.

Dalam membangun jaringan global, Wakil Bupati juga menyerukan adaptasi yang lebih cerdas dengan kondisi saat ini, termasuk pemanfaatan teknologi digital. Kita harus mendukung dinamika digitalisasi UMKM yang mendapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi. Begitu juga promosi potensi wisata, seperti destinasi wisata dan desa, melalui media online dan media sosial, jelasnya.

“APKASI memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga dan mendorong momentum pemulihan ekonomi nasional agar terus membaik pascapandemi Covid-19 dan merupakan salah satu strategi terkait upaya pemulihan ekonomi daerah yang diharapkan akan berdampak pada pemulihan ekonomi nasional,” kata Bagus.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button