Pengabdian masyarakat Fisipkom Unida di bidang ginekologi - WisataHits
Jawa Barat

Pengabdian masyarakat Fisipkom Unida di bidang ginekologi

Bogordaily.net– Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Informatika (Fisipkom) Universitas Djuanda (Unida) melakukan pengabdian masyarakat (PKM) untuk menggali potensi alam di Desa Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

Dosen FISIP Unida Desi Hasbiah mengatakan, program ini merupakan program insentif pengabdian masyarakat terpadu dengan belajar mandiri di kampus Merdeka, berdasarkan key performance indicator perguruan tinggi swasta tahun 2022 dan disetujui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan diselenggarakan.

“Karena Kabandungan merupakan salah satu desa di Kabupaten Sukabumi dan memiliki banyak potensi alam. Potensi perkebunan dan pertanian merupakan potensi utama di desa ini,” kata Desi Hasbiah kepada wartawan dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 Desember 2022.

Selain itu, kata Desi, potensi wisata yang menonjol di desa tersebut adalah kawasan wisata yang meliputi beberapa air terjun, kebun teh, sungai Citangkolo, dan menikmati kopi Cimanggu yang menjadi ciri khas desa ini.

Namun sayangnya, Desi menyebut potensi alam yang dimiliki belum diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya. Sehingga banyak potensi alam yang tidak terekspos dan tidak dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

“Kampung Kabandungan sebenarnya bisa menjadi tempat peristirahatan bagi pengunjung dari daerah Bogor atau Jakarta,” ujarnya.

Tak hanya itu, menurut Maria Fitriah, dosen FISIP Unida lainnya, civitas akademika FISIP Universitas Djuanda telah memberikan penyuluhan dan pelatihan untuk membantu masyarakat Desa Kabandungan melakukan hal tersebut. potensi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk branding desa wisata Kabandungan.

Dalam program ini, kata Maria, ada tiga kegiatan yakni konsultasi desain visual media luar ruang potensi lokal, peningkatan keterampilan pemanfaatan media sosial sebagai media. merek digital.

“Dan peningkatan kegunaan marketplace untuk mendukung digital marketing Desa Wisata Kabandungan,” ujarnya.

Sedangkan narasumber yang hadir dalam pengabdian masyarakat ini adalah para dosen FISIP Unida, dan para peserta yang hadir adalah umat paroki yang memiliki android untuk belajar. merek digital melalui penggunaan media sosial dan marketplace. Selain itu, warga juga dilatih membuat media luar ruang sebagai media periklanan potensi wisata mereka.

Di penghujung pengabdian ini, Fisipol memberikan Unida sebuah Android yang sudah terpasang beberapa aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook dan TikTok, serta beberapa aplikasi lainnya. marketplace Shopee dan Tokopedia antara lain yang dapat dikembangkan oleh warga sebagai media promosi potensi alam desa Kabandungan yang seutuhnya agar lebih dikenal. (Rusia)

Editor: Rialdi

Tonton video lainnya dan kunjungi YouTube BogordailyTV

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button