Hadirkan Anji Drive, promosikan deretan atraksi Labuhan Merak yang disambut antusias warga Situbondo - WisataHits
Jawa Timur

Hadirkan Anji Drive, promosikan deretan atraksi Labuhan Merak yang disambut antusias warga Situbondo

SURYA.CO.ID, SITUBONDO – Dibukanya akses jalan reintroduksi objek wisata di sepanjang kawasan Hutan Nasional Baluran Situbondo pada Minggu (18/12/2022) disambut antusias warga. Apalagi dengan hadirnya penyanyi ibu kota Anji Drive yang menghibur warga di panggung Symphony de Merak di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

Selama lebih dari satu jam, warga Taman Nasional Baluran dan warga Situbondo tenggelam dalam lagu-lagu Anji. Kegiatan yang diprakarsai oleh pemerintah Kabupaten Situbondo dalam kemasan Symphony de Merak

Mendobrak Batas juga menandai sejumlah destinasi wisata bahari di Labuhan Merak, antara lain SiJile, Bilik, Lempuyang, Sirondo, Balanan, Batu Hitam dan Kakapa.

Selain pengenalan destinasi wisata, pemerintah kabupaten juga meresmikan pembukaan jalan makadam dari dusun Sidomulyo hingga dusun Merak di desa Sumberwaru. Dengan dibukanya jalan makadam sepanjang 10 km, situasi keterasingan yang dialami ribuan warga dusun Merak juga akan berakhir.

Seorang warga Merak, Rusmini, mengaku lega melihat jalan tersebut terbuka, karena sebelumnya warga harus menempuh jalan setapak dan jalur laut untuk menuju kabupaten dan kota tersebut. Dengan adanya jalan baru ini, warga akan lebih mudah menjual hasil pertaniannya ke luar Dusun Merak.

“Dulu kebanyakan lewat laut, tapi sekarang bisa naik motor di jalan. Bahkan bisa menghemat biaya transportasi,” kata Rusmini.

Warga lainnya, Atik, mengaku senang karena dia dan keluarganya bisa menjangkau kawasan wisata dengan mobil atau motor. “Kalau begitu, kita bisa istirahat dengan baik bersama keluarga,” kata warga Desa/Kecamatan Asembagus itu.

Atik mengatakan datang bersama keluarganya tidak hanya untuk melihat penampilan Anji, tetapi juga untuk melihat secara langsung kondisi wisata yang selalu disosialisasikan oleh Bupati Situbondo: “Ya ombak lautnya tenang dan hutan mangrovenya bagus sekali,” ujarnya.

Sementara itu, di Situbondo, Karna Suswandi mengatakan pihaknya menggelar Simfoni de Merak Menembus Batas yang merupakan peringatan 77 tahun pekerjaan umum. Menurutnya, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antar instansi yang ada di Kabupaten Situbondo, antara lain Dinas Komunikasi dan Informatika, Pariwisata, BPPD dan instansi lainnya. “Sekaligus kita promosikan objek wisata di Labuhan Merak Baluran,” kata Bung Karna, Bupati Situbondo.

Pria asal Desa Curah Tatal itu mengatakan, sosialisasi dan pembukaan jalan itu dilakukan sebagai upaya agar masyarakat lokal, nasional, bahkan internasional bisa datang ke Merak Baluran.

“Saya yakin orang bisa betah berlama-lama di sini karena di sini banyak sekali tempat wisata yang bagus untuk wisatawan. Juga, keindahan alam bawah lautnya luar biasa,” kata Bung Karna.

Karena itu, lanjut Bung Karna, pihaknya berharap masyarakat siap menyambut wisatawan. “Tentu fasilitasnya akan kita selesaikan dulu, termasuk kamar mandi atau WC yang akan segera dibangun,” ujarnya.

Terkait akses jalan yang belum dijangkau Dusun Merak, Bung Karna mengatakan pihaknya masih menunggu izin lebih lanjut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena jalan akses yang diusulkan hanya sepanjang 10 km.

“Kami akan menyurati Kementerian lagi karena mereka berjanji hanya akan menyelesaikan 10 km pekerjaan. Namun, kami akan mengundang Kementerian untuk melihatnya secara langsung. Yang jelas jalan yang sedang dibangun belum mencapai titik yang diinginkan “kawasan Batu Hitam,” pungkasnya. *****

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button