Kampung Boneka di Desa Sayati Hilir, Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Kampung Boneka di Desa Sayati Hilir, Bandung

BERITA JABAR | PITA – Mainan yang menyerupai manusia, binatang atau karakter kartun yang disebut boneka sangat populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Boneka-boneka ini sebenarnya banyak ditemukan di desa Sayati Hilir.

Kampung Kopo Sayati adalah sebuah kawasan di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Ada sebuah desa yang penduduknya adalah pengrajin boneka.

Kampung Boneka terletak di Jalan Sayati Hilir, Desa Sayati Hilir, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung. Lokasi kampung boneka ini berada di pinggir jalan yang menghubungkan tempat wisata di kota Bandung dengan kawasan wisata di Bandung selatan seperti Ciwidey dan Pangalengan. Keluar dari pintu tol Kopo, lokasi dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit.

Bagi warga sekitar, nama Sentra Boneka di Kampung Kopo Sayati ini lebih dikenal dengan sebutan Sentra Boneka Kampung Cedok. Memasuki kawasan Cedok, pemandangan di kedua sisi jalan dipenuhi rumah-rumah manusia yang penuh dengan boneka.

Ada lebih dari 20 rumah pembuat boneka di daerah ini, dan setiap rumah rata-rata memiliki pekerja pembuat boneka. Boneka yang mereka hasilkan antara lain boneka binatang dan boneka dengan karakter kartun.

Selain boneka, pengrajin ini juga membuat tas, bantal, dan guling dengan karakter kartun, gantungan kunci, dan sofa kecil. Kampung Boneka Kopo Sayati bukanlah tempat yang asing.

Sejak tahun 2010, Pemkab Bandung telah menetapkan tempat ini sebagai Sentra Kerajinan Boneka yang sudah berdiri selama 30 tahun. Dan ketika ditemukan oleh Dinas Perindustrian, ada pembinaan dan dukungan, seperti: B. Modal usaha pembuatan boneka, peralatan dan pelatihan.

Setiap hari desa ini bisa menghasilkan hingga ratusan boneka. Berawal dari peternakan turun temurun, akhirnya bisa menjadi pusat bisnis yang menguntungkan banyak orang. Tak hanya di Bandung, sentra boneka ini juga sudah merambah luas di kota-kota besar hingga beberapa negara tetangga.

Kabarnya tempat ini pernah menerima pesanan boneka maskot bekantan saat Pekan Olahraga Nasional untuk wartawan di Kalimantan dan maskot harimau sumatera untuk pekan olahraga negara Islam di Palembang, Sumatera Selatan.

Harga boneka di Kampung Boneka Kopo Sayati bervariasi mulai dari boneka terkecil mulai dari Rp 5.000 hingga boneka besar seharga Rp 1.500.000. Meski harga bonekanya relatif murah, namun kualitas boneka Kampung Boneka Sayati cukup baik mulai dari bahan dan jahitan yang rapi.

Daya tarik situs kerajinan boneka di Kopo Sayati ini adalah di sini Anda akan menemukan tempat yang membuat berbagai macam boneka dengan berbagai ukuran, dari yang terkecil hingga yang sangat besar.

Dan yang membuat boneka ini adalah masyarakat setempat, dimana setiap rumah disulap menjadi pusat pembuatan boneka dan toko untuk berbelanja. (merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button