Pameran Tukang Sampah di Kota Batu adalah awal dari terwujudnya kota bebas plastik - WisataHits
Jawa Timur

Pameran Tukang Sampah di Kota Batu adalah awal dari terwujudnya kota bebas plastik

BATU | TuguMalang.id – Ratusan Patung Tukang Sampah di Balai Kota Among Tani, Kota Batu dan Jalan Panglima Sudirman akan dipajang hingga 26 Juli 2022. Hal ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu pada Senin (25/7.2022).

Seperti diketahui, lahirnya patung tukang sampah ini merupakan kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu dengan komunitas seni MAOS dan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Mulai di tingkat desa, kelurahan, aktivis, OPD hingga pelaku ekonomi.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Aries Setyawan mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya dan komitmen Pemkot Batu untuk mengurangi dan membatasi sampah plastik pada 2022.

“Pada tahun 2022, semua komunitas dan bisnis dihimbau untuk mengurangi sampah plastik. Kami berharap upaya ini dapat mengurangi sampah plastik hingga 24 persen,” kata Aries.

Pada kesempatan ini, dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Pemerintah Kota Batu dan para pemangku kepentingan ekonomi untuk membatasi dan mengurangi penggunaan plastik guna mewujudkan Kota Batu tanpa sampah pada tahun 2022. Mulai dari penggunaan tas ramah lingkungan dan lain sebagainya.

Kegiatan ini diapresiasi Walikota Batu Dewanti Rumpoko yang kagum dengan kreasi masyarakat dalam mendaur ulang sampah menjadi patung manusia yang indah.

“Sebagian sampah yang kami gunakan ada bekas kemasan makanan dan minumannya dan ternyata saat dikumpulkan bisa menjadi karya seni yang indah. Itu bisa membuat kita semua sadar bahwa kita bisa memilah sampah dari rumah,” jelasnya.

Dewanti Rumpoko menambahkan, kegiatan ini berpeluang menjadi gerakan untuk menjaga lingkungan.

“Mari kita semua berniat untuk menjaga lingkungan dengan baik, momen ini tidak hanya untuk kita saksikan tetapi juga untuk turut serta mewujudkan Gerakan Zero Waste Stone 2022,” imbuhnya.

Patung-patung sampah ini akan dipamerkan di Balai Kota Among Tani pada tanggal 24-26 Juli 2022, selanjutnya karya-karya tersebut akan dipajang di TPA Tlekung sebagai bagian dari wisata edukasi.

Reporter: Ulul Azmy
Penerbit: jatmiko

Source: tugumalang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button