Kenali Khasiat Spesial Bonsai Serut Kediri - WisataHits
Jawa Timur

Kenali Khasiat Spesial Bonsai Serut Kediri

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Setiap daerah di Indonesia memiliki varietas bonsai yang menjadi ciri khas masing-masing daerah. Seperti di Kabupaten Kediri yang dikenal luas sebagai penghasil bonsai potong. Meski bonsai dari pohon serut sebenarnya merupakan jenis yang umum, bonsai serut di Kabupaten Kediri memiliki ciri khas tersendiri.

Menurut Sekretaris Bonsai Adventure Kediri Mifhatul Ulum, di daerah seperti Mojokerto – Jombang, sebagian besar serutan yang dicukur semi membatu. Sedangkan di Tuban, 100 persen keripik hidup di bebatuan dan memiliki karakter seperti batu.

“Mencukur berbeda di daerah lain. Di Kabupaten Kediri, mencukur masih monoton. Selain itu, karakternya lebih tua dan tekstur daunnya lebih hijau dan berkilau. Bisa dibilang mikro,” kata pria yang akrab disapa Ulum itu, Minggu (11/9/2022).

Hampir 75 persen penghobi bonsai di Kabupaten Kediri pernah mencukur bonsai. Bukan tanpa alasan bonsai jenis ini menjadi favorit masyarakat atau penghobi bonsai. Bahan bonsai kerokan mudah didapat.

Jika Anda seorang penghobi bonsai pemula, faktor kemudahan mendapatkan bahannya cukup penting. Yang ingin mencari bahan dengan bentuk yang indah bisa mencari bahan yang sudah memiliki pola kecil. Namun jika ingin yang biasa saja, Anda bisa mencarinya di alam.

“Kami mencari bahan yang mudah dicukur. Jika kita mencari bahan, tinggal memilih jenisnya saja, bahan yang dicukur juga lebih tahan. Dalam arti apapun cuacanya, apapun kondisinya tetap subur, tetap enak dipandang,” kata Ulum lagi.

Selain itu, bahan bonsai lebih mudah diperoleh karena merupakan salah satu jenis tanaman atau pohon lokal, dan perawatannya juga membutuhkan waktu yang lebih singkat atau teknik yang sulit. Penghobi bonsai juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memotong bonsai.

“Pola pohon yang dicukur mudah perawatannya, sangat sederhana, tidak terlalu sulit, tidak terlalu sulit, tidak terlalu memakan waktu untuk kegiatan kita,” kata Ulum.

Faktor kemudahan servis juga yang membuat para penghobi khususnya pemula lebih senang dengan bonsai yang dipotong.

“Kebanyakan pemula bermain dengan gunting gunting karena perawatannya bagus dan masih subur dari segi cuaca, musim kemarau dan hujan serta perawatan bonsai yang sudah dipotong tidak terlalu sulit,” pungkas Ulum.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button