Gua Seplawan: atraksi, jam buka, harga tiket dan halaman rute semua - WisataHits
Yogyakarta

Gua Seplawan: atraksi, jam buka, harga tiket dan halaman rute semua

Gua Seplawan: atraksi, jam buka, harga tiket dan halaman rute semua

KOMPAS.com – Gua Seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Gua Seplawan termasuk gua basah karena aliran air mengalir di dalamnya.

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat menikmati sensasi turun ke dalam gua.

Berikut harga tiket, jam buka, atraksi dan rute menuju Gua Seplawan.

Gua Seplawan

Objek wisata Gua Seplawan

Gua Seplawan merupakan tempat rekreasi sekaligus wisata sejarah.

Sebelum memasuki goa, pengunjung akan disambut oleh patung emas setinggi tiga meter. Patung tersebut merupakan replika dari patung emas dewi Siwa dan dewi Parwati.

Wisata sejarah ini terkait dengan penemuan patung emas 22k, tinggi 9 sentimeter dan berat 2,5 kilogram. Diperkirakan arca tersebut merupakan peninggalan Hindu Siwa.

Baca Juga: Gua Seplawan, Peninggalan Umat Hindu yang Kaya Makna Kehidupan

Saat ini patung aslinya masih ada dan disimpan sebagai benda bersejarah di Museum Nasional sejak tahun 1970-an. Peninggalan sejarah lainnya telah ditemukan di lingga yoni yang mengelilingi gua.

Pengunjung yang ingin menjelajahi Gua Seplawan tidak memerlukan alat khusus.

Kawasan Gua Seplawan di Purworejo, Jawa Tengah.Dokumentasi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Kawasan Gua Seplawan di Purworejo, Jawa Tengah.

Jalan di dalam gua sebagian besar datar dan terkadang tertutup air. Beberapa meter berjalan kaki, pengunjung akan menemukan sebuah kolam dengan air jernih saat tidak musim hujan.

Gua sepanjang 750 meter ini merupakan jalan buntu. Beberapa persimpangan jalan sengaja ditutup karena gua vertikal, bagian berlumpur, dan ngarai.

Setelah sekitar 20 meter di dalam gua, pengunjung akan menemukan jalan setapak yang sempit. Lorongnya hanya setinggi sekitar 80 sentimeter dan cukup untuk satu orang.

Pengunjung harus berjongkok saat berjalan di lorong yang panjangnya sekitar dua sampai tiga meter ini. Setelah itu pengunjung akan melihat keindahan Gua Seplawan.

Gua ini terbuat dari batu kapur dengan relief menyerupai sirip ikan hiu. Sampai saat ini, asal usul relief tersebut belum dapat dipecahkan oleh para arkeolog.

Pada jarak sekitar 500 meter terdapat pertigaan jalan. Dimana jalur ke kanan merupakan jalur ditemukannya patung yang menjadi jalur wisata. Sebaliknya, jika belok kiri, pengunjung akan berakhir di tepi jurang.

Baca juga: Goa Gajah: Sejarah, Tempat Wisata, Harga Tiket, dan Jam Buka

Adanya pertigaan ini melambangkan bahwa hidup adalah pilihan menuju nirwana atau jurang maut.

Kawasan Gua Seplawan juga menawarkan pemandangan pegunungan yang indah dari bukit di sebelahnya.

Kedua arca tersebut merupakan replika dari arca sebenarnya yang ditemukan di Gua Seplawan pada 15 Agustus 1979.  Patung emas 22 karat itu masih bertuliskan peninggalan Hindu Siwa, Rabu (15/2/2017).KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Dua arca yang merupakan replika dari arca sebenarnya ditemukan di Gua Seplawan pada 15 Agustus 1979. Patung emas 22 karat itu masih bertuliskan peninggalan Hindu Siwa, Rabu (15/2/2017).

Tempat wisata ini memiliki gardu pandang berbentuk joglo yang menyuguhkan pemandangan Pegunungan Menoreh, Kota Magelang dan Yogyakarta.

Saat cuaca cerah, pengunjung bisa melihat lima gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Jam buka Gua Seplawan

Gua Seplawan buka mulai pukul 08:00 hingga 16:30 WIB.

Biaya masuk ke Gua Seplawan

Untuk menikmati keindahan Gua Seplawan, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sebagai catatan, harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Rute Gua Seplawan

Jarak Goa Seplawan dari Purworejo kurang lebih 20,5 km dengan waktu tempuh 45 menit.

Perjalanan dapat dilakukan melalui Jl Purworejo Salaman, Jl H Juanda, Jl Kapten Piere Tendean, Jl Pemuda, Jl WR Supratman, Jl Raya Kaligesing, Jl Kaligono dan Jl Goa Seplawan.

Baca juga: Gua Pinus di Kota Batu: Atraksi, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

Untuk mencapai Gua Seplawan, pengunjung harus melalui jalan desa yang berkelok-kelok dan menanjak karena gua ini terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (massa). (Penulis: Muhammad Irzal Adiakurnia; Penerbit: Sri Anindiati Nursastri).

Sumber:

travel.kompas.com dan culture.kemdikbud.go.id

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button