10 Foto Pantai Sanggar Tulungagung: Harga Tiket Masuk, Rute, Atraksi, dan Lainnya - WisataHits
wisatahits

10 Foto Pantai Sanggar Tulungagung: Harga Tiket Masuk, Rute, Atraksi, dan Lainnya

10 Foto Pantai Sanggar Tulungagung: Harga Tiket Masuk, Rute, Atraksi, dan Lainnya

Pantai Sangar – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang pemerintahnya serius mengembangkan sektor pariwisatanya. Tulungagung sendiri merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang sedang disulap menjadi kota wisata karena keindahan bahari kota tersebut.

Di kota Tulungagung terdapat pantai Sanggar yang merupakan destinasi wisata baru di kota Tulungagung. Karena masih tergolong baru, Pantai Sanggar Tulungagung belum banyak dikunjungi wisatawan.

Jika pantai ini sudah terkenal di kalangan wisatawan, tentunya pantai ini akan menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang layak untuk dikunjungi. Hal itu bisa terjadi karena pantai ini bebas sampah dan berpasir putih.

Sesampainya di pantai Sanggar, kita tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak akan dikenakan biaya masuk.

Ketika kita akan mengunjungi pantai Sanggar Tulungagung, kita hanya membutuhkan waktu 1 jam lebih dari pusat kota. Jika diperhatikan dengan seksama, panjang perjalanan untuk mengunjungi pantai ini adalah 30-40 km.

Pantai Sanggar Tulungagung melalui IG @risdavirginaPantai Sanggar Tulungagung melalui IG @risdavirgina

Jika kita bandingkan Pantai Sanggar dengan pantai lainnya, pantai ini memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh pantai lain. Untuk keunggulan pantai Tulungagung ini, simak ulasannya di bawah ini:

informasi Umum

Lokasi: Jengglungharjo, Gunung Tanggung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur 66283
Peta: Klik di sini
Buka dan tutup: 24 jam
Telepon: 0822-3489-7709
HTML: Rp 5.000 per orang

Lokasi pantai

Lokasi pantai ini berada di Desa atau Dusun Jengglungharjo, Kecamatan Tepontan, Kabupaten Tulung Agung, Provinsi Jawa Timur.

Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 1 jam 45 menit hingga 2 jam jika dimulai dari pusat kota Tulungagung, dengan jarak tempuh sekitar 30-40 km.

Pantai menawan ini sering disebut Tnegeri impian Tulungagung, karena letaknya yang tersembunyi dari keramaian.

Selain Pantai Sine, Pantai Coro, Ngalur, Patuk Gebang dan Sioro serta Kawasan Wisata Budaya Klenteng Agung, pantai ini juga menjadi salah satu primadona wisatawan yang berlibur di Tulungagung.

Letak pantai ini terpaut sekitar 3 km dari Pantai Sine, membuat pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan dari tahun ke tahun.

Pantai Sanggar ini berada di sisi timur Pantai Sine dan untuk bagian barat pantai ini adalah Pantai Pathok Gebang yang juga tak kalah kerennya karena Pantai Pathok Gebang ini sangat unik saat air laut sedang pasang. Wisatawan akan melihat ombak setinggi 15-20 meter menerjang karang.

Dan didekat pantai sanggar juga terdapat pantai ngalur yang sudah kami ulas pada artikel sebelumnya, pantai ngalur ini hanya berjarak sekitar 2,5 km dari pantai sine

Semua pantai yang ada di Tulungagung luar biasa indahnya, sehingga masyarakat Tulungagung ragu untuk berlibur ke luar Tulungagung jika ingin mengunjungi pantai tersebut.

Arah ke lokasi

Pantai-SanggarPantai Sangar

Untuk mencapai pantai ini bisa dibilang cukup mudah karena rute yang harus kita lalui sama dengan saat kita ingin mengunjungi pantai Sine yaitu dengan mengarahkan kendaraan menuju ke kecamatan tanggung gunung.

Bagi anda yang berangkat menuju pusat kota Tulungagung, maka silahkan arahkan kendaraan anda menuju kecamatan Campurdarat. Juga, di persimpangan pasar Campurdarat, silakan pilih yang kiri, yang mengarah ke pantai Popoh.

Begitu sampai di pertigaan SMAN 1 Campurdarat yang berjarak sekitar 3 km dari pasar Campurdarat, kemudian ambil jalan ke kiri untuk menuju ke kawasan Gunung tanggung.

Untuk menuju pantai Sanggar, Anda juga dapat mengikuti jalan utama hingga menemukan pasar Tutup gunungan. Kemudian perjalanan Anda berlanjut ke SMPN Tanggung 1.

Nah, di depan SMPN 1 ini ada pertigaan yang arah kanannya mengarah ke Pantai Sanggar. Dari pertigaan ini, ikuti terus jalan utama hingga menemukan gapura yang bertuliskan Pantai Sanggar.

Oh iya, di dekat pintu ini ada mushola di sebelah kanan. Jalan atau jalan setapak menuju Pantai Sanggar berada persis di sebelah mushola.

Namun sayangnya bagi anda yang membawa mobil tidak bisa menggunakan jalan ini, hanya sepeda motor yang bisa menggunakan jalur ini.

Mobil hanya bisa sampai disini, silahkan parkir mobil anda dengan baik jika anda datang dengan mobil, parkirlah dengan baik lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju pantai.

Sebaiknya jangan datang saat hujan, karena jalan yang Anda lewati cukup terjal dan sulit dilalui karena penuh lumpur.

Fasilitas yang tersedia

Wisata-Pantai-Sanggar-TulungagungWisata Pantai Studio Tulungagung

Kondisi fasilitas di pantai ini masih minim karena belum dikelola dengan baik, pantai ini belum dikelola oleh pemerintah, hanya warga sekitar yang mengelola pantai ini.

Selama ini tidak ada kamar mandi atau kamar mandi, jadi kalau mau berenang atau main air harus ganti baju, tutup handuk saja atau pindah ke tempat tersembunyi.

Di sekitar pantai juga tidak terdapat tempat makan, wisatawan harus membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah atau luar agar tidak kelaparan.

Kunjungi juga: Pantai Popoh Tulungagung

Keunikan pantai

Obyek Wisata Pantai Sanggar Tulungagung viva IG attraction @dodykpepe21Obyek Wisata Pantai Sanggar Tulungagung viva IG attraction @dodykpepe21

Meski pantai ini belum memiliki fasilitas yang memadai, namun pesona keindahan pantai ini tidak menyurutkan tekad wisatawan untuk mengunjunginya.

Perjalanan panjang dan melelahkan akan terbayar dengan pesona keindahan pantai Sanggar Tulungagung ini.

Pantai ini memiliki pasir putih halus yang juga bersih dengan air laut berwarna biru jernih yang kembali menyegarkan mata.

Satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Anda bisa menyaksikan secara langsung keindahan biota laut yang mengisi kawasan bawah laut Pantai Sanggar. Wisatawan bisa melihat ikan hias kecil, terumbu karang, dan bulu babi yang hidup di sekitar bebatuan di pantai studio ini.

Buat kamu yang suka foto-foto, keren banget mengabadikan momen di sini, wajib selfie atau ambil foto dan video di dalam air, jadi kalau bisa bawa kamera anti air.

Pantai ini juga memiliki karang-karang cantik yang bisa dijadikan spot foto instagramable dengan background yang cantik. Apalagi dengan gulungan ombaknya yang cukup besar.

Bagi wisatawan yang berenang atau bermain air harus berhati-hati, karena pantai di selatan pulau Jawa ini memiliki ombak yang besar, apalagi dengan cerita mistis.

Daya tarik tempat wisata pantai Sanggar Tulungagung

Berikut beberapa tempat wisata Pantai Sanggar yang harus Anda ketahui sebelum mengunjungi tempat wisata populer di Tulungagung ini:

1. Pantai pasir putih

Pantai Pasir Putih via IG @mauliddianaawPantai Pasir Putih via IG @mauliddianaaw

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pantai Sanggar merupakan salah satu pantai pasir putih yang ada di kota Tulungagung. Tidak hanya pasir pantainya yang putih, pasir di pantai ini terlihat bersih dan bebas dari sampah.

Dengan adanya pasir putih yang dimiliki oleh objek wisata alam di Tulungagung ini, pantai ini menjadi pilihan tempat wisata yang cocok bagi wisatawan yang suka bermain pasir.

Kunjungi juga: Wisata di Pantai Gemah Tulungagung

2. Keindahan karang di pantai

Keindahan karang di pantaiKeindahan karang di pantai

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sanggar akan menemukan karang-karang besar. Keberadaan karang ini tidak jauh dari bibir pantai dan dapat ditemukan dengan mudah. Keberadaan karang di pantai mencegah wisatawan dihantam ombak besar.

3. Banyaknya ikan kecil dan bulu babi

Pantai Sanggar memanjakan wisatawan dengan kehadiran ikan-ikan hias kecil. Ikan ini dapat ditemukan di pantai dan tampak hebat. Tidak hanya ikan-ikan kecil, bulu babi juga akan kita jumpai di sekitar karang.

4. Merupakan tempat terbaik untuk berkemah

Ini adalah tempat terbaik untuk berkemahIni adalah tempat terbaik untuk berkemah

Dengan keindahan laut yang dimiliki pantai Sanggar, pantai ini menjadi tempat terbaik untuk berkemah. Suasananya yang tenang dan pemandangan di Pantai Sanggar mampu memberikan kesan indah bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain empat keunggulan di atas, Pantai Sanggar juga memiliki keunggulan lain berupa sunset yang indah.

Pemandangan matahari terbenam di Pantai Sanggar sangat indah dan dapat menciptakan suasana romantis bagi wisatawan. Saat kita berkunjung ke Pantai Sanggar, jangan lupa untuk mengabadikan momen saat matahari terbenam.

Foto camera phone mampu mengabadikan pemandangan matahari terbenam di pantai Sanggar Tulungagung. Karena menawarkan sunset yang romantis, ada baiknya kita mengajak teman atau pasangan untuk menikmati pemandangan indah yang ditawarkan oleh Pantai Sanggar. Kita juga bisa mengajak keluarga menghabiskan waktu bersama di tempat yang penuh keindahan.

Pantai ini dulunya adalah sebuah tempat pembuatan film perjalananku petualangankuuntukmu pejalan kaki dan para petualang terpaksa mendirikan tenda di pantai untuk bermalam sambil membuat api unggun.

Tips berkunjung

Pantai Sanggar melalui IG @angginrahmahPantai Sanggar melalui IG @angginrahmah

Bagi anda yang ingin berlibur ke pantai ini cukup menggunakan sepeda motor saja. Karena kalau mobil, wisatawan akan kesulitan untuk parkir.

Lokasi tempat terdekat ada di Pantai Sine dan jaraknya mencapai 3 km, tentunya perjalanan akan semakin jauh. Selama musim hujan, Anda harus memakai sepatu di luar atau sandal gunung. Karena jalan menuju pantai penuh lumpur dan licin. Jadi sepatu di luar atau sendal gunung bisa meminimalisir kecelakaan.

Selama melintasi perkebunan, warga tidak memetik atau merusak tanaman. Sekalipun Anda bertindak sebagai tamu, Anda harus selalu menjaga sopan santun dan perilaku yang tidak merugikan lingkungan di sekitar Anda.

* * * * * *

Demikian pendapat mengenai beach studio yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan untuk Anda dan keluarga serta orang-orang tercinta di akhir pekan atau musim liburan mendatang.

Kunjungi juga: Air Terjun Lawean Tulunagung

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button