Geowisata Batu Angus menyuguhkan panorama alam yang unik berupa lava pijar - WisataHits
Yogyakarta

Geowisata Batu Angus menyuguhkan panorama alam yang unik berupa lava pijar

Geowisata Batu Angus menyuguhkan panorama alam yang unik berupa lava pijar

Geowisata Batu Angus menyuguhkan panorama alam yang unik berupa lava pijar dari letusan Gunung Gamalama (Foto Antvklik-Ikbal)

Geowisata Batu Angus adalah sebuah objek wisata di Kota Ternate, Maluku Utara yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, Batu Angus merupakan bagian dari menhir masif yang terlihat seperti hangus.

antvklik.com – Kisaran bebatuan terbentang dari kaki Gunung Gamalama hingga pantai. Batu Angus merupakan sisa lahar dari letusan Gunung Gamalama.

Bekas lahar yang mengeras ini menjadi tempat wisata, salah satu mahakarya yang eksotis, selalu menjadi tujuan wisata populer di Maluku Utara, masyarakat umum di Ternate menyebutnya Batu Angus yang terletak di Desa Kulaba Kecamatan Ternate Barat, jarak tempuh sekitar 5 kilometer dari pusat kota.

Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur, biaya masuk ke objek wisata ini memang cukup murah, hanya 5.000 hingga 10.000, sekali masuk. Wisatawan dapat menikmati objek wisata ini.

Pengunjung bisa menyusuri jalan setapak atau mendaki bebatuan tajam tersebut untuk menikmati keindahan bebatuan yang berasal dari lava pijar yang membentang sejauh mata memandang, di lahan seluas sekitar 40 hektar itu pengunjung disuguhi keindahannya. alam sekitarnya dengan latar belakang timur, pulau Halmahera dan sisi barat gunung berapi Ternate Gamalama.

Tumpukan batu-batuan hitam pekat menyerupai ecstalgics sangat banyak, menciptakan topografi unik yang jarang ditemukan di mana pun.

Pengunjung juga bisa mengabadikan momen di objek wisata ini dengan berfoto selfie dengan latar belakang hijaunya Gunung Gamalama atau luasnya laut dengan pulau Halmahera dan Hiri.

Yani Tawary, salah satu pengunjung dari Desa Modayama, Kecamatan Kayoa Utara, mengatakan, tempat wisata batu Angus ini luar biasa indah karena lahar yang mengeras dari Gunung Api Gamalama. Ini membentuk batuan yang mengeras, sehingga menarik untuk dikunjungi dan melihat dari dekat batu Angus ini.

“Saya dan teman-teman hanya iseng saja karena ini juga baru pertama kali dan saya penasaran dengan Batu Angus, batu hitamnya cukup banyak disini, dan pemandangan alamnya sangat indah. Pengunjung geowisata Batu Angus Ternate. Sabtu ( 08.06.2022).

Tak hanya itu, Febriayatmoko, pengunjung asal Yogyakarta yang saat ini bekerja di sebuah perusahaan swasta, juga mengagumi keindahan alam dan luasnya tebing di objek wisata Batu Angus ini.

“Sangat indah sekali, apalagi tentunya dari lahar Gunung Gamalama, karena kita juga bisa melihat banyak menhir saat berfoto, karena saya tidak hanya mendapatkan informasi tentang Batu Angus disini, tapi juga dari pegunungan Ketika saya sampai di pantai itu, saya tidak bisa membayangkan seberapa besar letusannya,” kata Febri.

Saat senja langit semakin sempurna dengan langit jingga saat matahari perlahan terbenam dan pengunjung semakin dimanjakan.

Ikbal Hamzah | Ternate, Maluku Utara

Source: www.antvklik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button