Genjot Potensi Wisata, Warga Sambut Revitalisasi Situ Gede - WisataHits
Jawa Barat

Genjot Potensi Wisata, Warga Sambut Revitalisasi Situ Gede

32.250 tampilan total

Ketua Kompepar Endang Purnama | astronot

Kota, Wartatasik.com – Objek wisata Situ Gede yang terletak di kota Tasikmalaya sudah dimulai. Tahun ini mendapat dana revitalisasi dari Provinsi Jawa Barat melalui PSDA Ciwulan-Cilaki.

Upaya rehabilitasi waduk dan tampungan air, seperti penataan dan revitalisasi Situ Gede di Kota Tasikmalaya, dianggarkan sebesar Rp 6.395.752.468,71.

Menanggapi hal itu, Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Endang Purnama menyambut baik perintah Situ Gede. Ia menjelaskan, program revitalisasi ini seharusnya sudah dilakukan pada 2019 namun tertunda karena Covid dan dana dialihkan ke Situ Gede Bogor.

“Terima kasih Tuhan itu baru bisa direalisasikan sekarang, nanti juga di Termen,” kata Endang saat dihubungi Wartatasik.com, Rabu (10/8/2022).

Endang bersyukur, gotong royong lapangan terjalin dengan baik di kalangan warga, dan warung-warung juga menyambut baik revitalisasi destinasi wisata Situ Gede.

“Ada 30 booth yang akan direlokasi, desainnya dapur di lantai bawah dan ruang makan di lantai atas. Sebagai food court“Wisatawan bisa membeli sembako di mana saja dan kemudian bebas memilih tempat untuk menikmati keindahan Situ Gede,” kata Endang.

Revitalisasi ini juga berfungsi untuk melaksanakan peraturan negara, karena tidak boleh membangun di badan air atau sungai.

Endang meminta sinergi dari Disporabudpar karena dukungan dan perhatian Situ Gede selama ini hanya berasal dari Provinsi Jawa Barat sedangkan Kota Tasikmalaya sudah diuntungkan dari PAD-nya.

“Situ Gede ingin seperti wisata air lainnya, harus bagus, teratur dan unggul,” kata Endang.

Mengenai penebangan pohon lindung, Endang mengatakan pohon itu ditanam di bawah sungai di dasar Carik. “Kami mengikuti prosedur dan selalu berkomunikasi dengan dinas lingkungan hidup,” jelasnya.

Endang berharap ke depan ada posisi terpadu di Situ Gede yang diawaki oleh aparat keamanan lintas sektoral. Ada tim SAR yang mengambil regulasi dan payung hukum yang jelas untuk diterapkan.

“Jika terwujud, kenyamanan dan keamanan pengunjung akan tetap terjaga,” kata Endang.

Kompepar berharap setelah revitalisasi Situ Gede selesai, warga dan pengunjung dapat menjaga dan merawatnya dengan baik.

“Jangan sampai rusuh, harus dilakukan bersama-sama untuk menjadikan objek Situ Gede unggul di destinasi wisata,” pungkasnya.

Ketua LPM Linggajaya Mangkubumi M. Ilyas mengatakan menyambut baik kebangkitan Situ Gede.

“Kehendak Tuhan Pembangunannya berjalan lancar, sehingga kami berharap dapat mendongkrak perekonomian dan perkembangan objek wisata di Situ Gede ini,” ujarnya. astronot

Source: www.wartatasik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button