Galeri Pati Mbiyen, memamerkan dokumentasi tanah jarang Mina Tani - WisataHits
Jawa Tengah

Galeri Pati Mbiyen, memamerkan dokumentasi tanah jarang Mina Tani

Pati, Mitrapost.com – Tanpa diketahui banyak orang, Kabupaten Pati, Jawa Tengah memiliki wahana arsip tua “Galeri Pati Mbiyen”. Fasilitas umum yang menyimpan galeri atau foto masa lalu Pati ini dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya.

Bernadita Rachmat Kusumawati, Kepala Kearsipan Badan Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Pati, mengatakan gedung ini didirikan pada tahun 2019 untuk merekam dan mempublikasikan momen-momen sejarah dari asal-usul lokal Pati.

“Kita ingin publikasi tentang kesejahteraan, agar masyarakat tahu sejarah seperti apa dan mengembangkan wahana belajar dan makan,” kata Bernadita saat disambut awak media di kantornya kemarin.

Galeri Pati Biyen berlokasi di Gedung Joang 45 Jl. Jenderal Sudirman No. 61 Pati tepatnya di depan Hotel Pati.

Pengunjung dapat mengunjungi ruang arsip yang banyak berisi foto-foto bersejarah, seperti foto Pati pada masa penjajahan, Pati pada masa revolusi 1945-1949, Pati Retro berupa foto Pati dengan nuansa tahun 1980-an-90-an, foto-foto Bupati Pati dari waktu ke waktu.

Sebanyak 76 foto dan arsip dipajang di fasilitas yang dikelola Badan Arsip dan Perpustakaan (Kantor Arpus) Kabupaten Pati itu. Selain ruang arsip foto, juga terdapat kawasan wisata kuliner di pelataran gedung.

Sayangnya, menurut Bernadita, minat masyarakat untuk mengunjungi galeri tersebut masih rendah. Para pendatang datang bahkan hanya untuk berwisata kuliner.

Menurutnya, sosialisasi keberadaan ruang arsip tidak berdampak pada masyarakat. Sayang sekali fasilitas ini gratis

“Gratis, tapi minat masyarakat di sini masih rendah. Mungkin karena saya di sekolah sekarang, jadi mungkin saya tidak ada di sana. Sementara kita hubungkan di media sosial, jadi banyak yang mengunjungi kita,” tambahnya.

Terima pembaruan berita terpilih dan berita terkini dari setiap hari Mitrapost.comdi google berita. Silahkan klik linknya dan jangan lupa “

Konsekuensi”

Jangan lupa kunjungi sosial media kami

Video Viral

Source: mitrapost.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button