5 Destinasi wisata di Semarang ini kaya akan sejarah dan tidak boleh dilewatkan - WisataHits
Jawa Tengah

5 Destinasi wisata di Semarang ini kaya akan sejarah dan tidak boleh dilewatkan

2. Kota Tua

Kota Lama menyajikan bangunan bersejarah yang khas Eropa pada masa lalu. Kota Lama dulunya merupakan salah satu pusat perdagangan pada abad ke-19 hingga ke-20.

Kawasan ini tidak hanya menjadi pusat ekonomi tetapi juga menjadi tempat tinggal para penjajah yang datang ke Semarang. Ada sekitar 50 bangunan tua yang masih kokoh dan memiliki cerita sejarah tersendiri.

Bentuk bangunan di kawasan ini sesuai dengan bangunan di benua Eropa sekitar tahun 1700-an. Memasuki kawasan kota tua, pengunjung seolah diajak menjelajahi desa-desa Eropa kuno.

Bangunan tua dengan eksterior khas Eropa menambah nuansa Eropa. Suasana tersebut bisa Anda nikmati dengan mengunjungi Jalan Letj Suprapto No. 31, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang.

3. Sam Poo Kong

Identik dengan warna merahnya, Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho, Laksamana Ceng Ho adalah seorang Laksamana asal Tiongkok yang beragama Islam.

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya rambu-rambu yang dipengaruhi oleh Islam. Tanda tersebut berupa tulisan yang berbunyi “Mari mengheningkan cipta sejenak mendengarkan bacaan Al-Qur’an”.

Jika Old Town memiliki nuansa ala Eropa, Sam Poo Kong punya nuansa berbeda. Saat berkunjung ke kawasan ini, pengunjung tampak menikmati suasana seolah-olah sedang berada di China.

Selain sebagai tempat tujuan wisata, Sam Poo Kong saat ini digunakan sebagai tempat zikir, ibadah, doa dan ziarah. Anda bisa menemukan tempat ini di Jalan Simongan Raya No. 129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button