Galaxy Bike Park Hadir di Kota Gresik – Sabda News - WisataHits
Jawa Timur

Galaxy Bike Park Hadir di Kota Gresik – Sabda News

GRESIK.SabdaNews.com – Orang kreatif selalu memiliki ide dan gagasan yang membangun bagi masyarakat dan lingkungan. Oleh tangan dingin anggota Gowes Galaksi Suci (GGS) yang bermarkas di Perum Galaksi Suci Residen (GSR) Suci Manyar Gresik, lahan bekas tambang PT Semen Gresik disulap menjadi Sirkuit Galactic Bike Park.

Ahmad Saifuddin, Ketua RW 24 Desa Suci yang juga wakil ketua GGS, mengatakan ide membangun shifter MTB membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun baru terealisasi setelah GGS mengunjungi Sirkuit Alibaba di Lakarsantri Surabaya sebulan lalu.

“Secara topografis, lokasi di Bukit Kapur Suci ini sebenarnya jauh lebih bagus dan menantang dibandingkan jalur MTB di Bukit Ular Surabaya. Makanya kami tergerak untuk membangun trek sendiri agar tidak terlalu jauh berlatih dan mencari sensasi petualangan,” kata Jibro, sapaan akrab Saifuddin, Kamis (21/7/2022).

Selain Sirkuit Bukit Ular, beberapa sirkuit terkenal di Jawa Timur seperti Bromo, Bone Welang, Braksen, Wonosalam, B-29, Kelud dan lain-lain juga pernah dikunjungi oleh klub ride-hailing yang baru ada sejak merebaknya wabah tersebut. Covid-19 -Pandemi terjadi pada tahun 2020.

Anggota GGS hanya berlatih di perbukitan kapur kawasan Suci dan Giri setiap minggunya karena lebih menyukai medan off-road dan petualangan. Sayangnya tempat yang baik untuk berlatih tantangan terlalu jauh dan tidak dalam satu area.

Bahkan, Jibro mengatakan medan yang menantang di perbukitan di sekitar Giri, yang dikenal sebagai Hollywood, tampak kurang tertata dan sadar akan keselamatan. Selain itu, latihan motorcross sering digunakan di jalur yang sama, sehingga jalan akan rusak.

“Sudah banyak pengemudi yang menjadi korban rawat inap. Hal ini menginspirasi kami untuk membangun sirkuit Galactic Bike Park agar para pengendara dapat berlatih keliling Kota Gresik dengan aman dan nyaman,” ujar pria asal Sembayat ini.

Senada dengan anggota GGS lainnya, Punden menambahkan bahwa trek Galactic Bike Park sangat cocok untuk melatih pengendara yang menyukai trek downhill yang menantang. Karena ada berbagai macam lompatan, guling, jatuh, belokan tajam menyerupai huruf “S”, turunan tajam dan tanjakan.

“Trek ini memang trek pendek, tapi tantangannya cukup lengkap sehingga cocok untuk latihan,” jelas perancang trek Galactic Bike Park.

Menurut pria yang juga bos RT tersebut, kelebihan dari lintasan Galactic Bike Park adalah memiliki suasana yang asri dan hijau, sehingga pengendara tidak perlu takut kepanasan. “Doakan saja Mas, nanti ada lampunya biar bisa latihan malam,” kata Punden.

GGS berharap sirkuit ini dapat menjadi destinasi wisata dan olahraga di masa depan untuk mendukung program pemerintah dan KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) untuk meningkatkan peluang ekonomi bagi penduduk setempat.

Secara terpisah, Sekretaris KORMI Jatim Edi Supaji mengatakan sangat mendukung upaya kelompok masyarakat yang ingin memajukan olahraga dan menjadi wahana rekreasi masyarakat.

“Sirkuit MTB juga bisa diklasifikasikan di bawah KORMI. Tentunya kami siap mendukung agar sarana dan prasarana bisa lebih mendukung,” pungkas salah satu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jatim. (dia)

Baca: 64

Source: sabdanews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button