Pelajari cara meracik essential oil di rumah Atsiri Indonesia - WisataHits
wisatahits

Pelajari cara meracik essential oil di rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia adalah kompleks pendidikan rekreasi yang menawarkan hamparan kebun minyak atsiri dengan teknologi pengolahan minyak atsiri yang canggih.

Jam buka: 10.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp50.000,00
Nomor telepon:
Aktivitas: Workshop, melihat proses pembuatan essential oil, membuat essential oil, melihat museum, melihat tanaman, berfoto
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Kamera, topi, air minum, catatan
Larangan: Tidak akan merusak tanaman
Alamat: Jalan Watusambung, Watusambung, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah
Fasilitas umum: Laboratorium, Tempat Parkir, Toilet, Toko Souvenir, Restoran
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Tawangmangu yang terletak di Kabupaten Jawa Tengah mungkin agak asing bagi Anda yang hobi berburu tempat wisata. Kota yang secara geografis menempel di lereng Gunung Lawu ini memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk Anda kunjungi.

Seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi dan masih banyak lagi. Udara segar kawasan ini membuat Anda betah berada di sini. Ada juga banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi, seperti air terjun yang terkenal dengan sewu grojokan atau taman Balaikambang.

Namun ada tempat baru yang mungkin ingin Anda coba, Rumah Atsiri Indonesia. Asyiknya main di sini, simak artikel singkatnya di bawah ini.

Sekilas tentang Rumah Indonesia Atsiri

Indonesia yang terkenal dengan tanahnya yang subur tidak heran jika banyak jenis tanaman yang tumbuh. Salah satunya adalah tanaman esensial. Di Tawangmangu, ada kawasan wisata baru yang menawarkan wisata edukasi tumbuhan esensial.

Awalnya, tempat ini adalah sebuah pabrik tua yang mengelola tanaman esensial yang diolah menjadi minyak nabati. Seiring dengan perkembangan zaman, teman ini dipugar menjadi tempat wisata edukasi yang sangat menarik.

Cerita

Tempat ini dulunya adalah pabrik serai. Dimana pabrik ini bekerjasama dalam bidang pengolahan tanaman esensial yang dijalankan oleh Indonesia dan Bulgaria pada tahun 1963. Pada tahun 1986, pabrik ini telah berpindah kepemilikan dari pemerintah ke swasta. Namun pada 2015, pabrik ini tutup karena masalah bahan baku dan ekonomi perusahaan.

Karena tidak ingin dibiarkan terbengkalai, pabrik ini diambil alih oleh PT Rumah Atsiro Indonesia dan direstorasi seluruh bangunannya menjadi tempat wisata edukasi. Pembukaan tempat ini bertujuan untuk memperkenalkan warisan industri penting Indonesia dengan konsep pariwisata atau rekreasi yang bisa lebih menarik.

Dahulu tempat berpenghuni ini terdapat 2 bangunan yang masih berdiri dan dilestarikan. Namun, setelah direstorasi, ditambahkan struktur sehingga semuanya memiliki fungsinya masing-masing. Ada ruang untuk bengkel, taman, dan museum. Namun, museum tidak akan dibuka untuk umum hingga pertengahan Oktober 2019.

Mungkin sangat menarik sobat, jika semua peninggalan sejarah ini dilestarikan dengan konsep rekreasi pasti akan semakin menarik.

Daya tarik

Hal apa saja yang bisa menarik perhatian Anda dari objek wisata ini?

Membuat minyak esensial

Di sini Anda tidak hanya bisa melihat proses pembuatan minyaknya saja. Anda bahkan dapat membuat minyak dan mengetahui proses pembuatannya. Anda akan dipandu langsung oleh pemandu yang sangat profesional di bidangnya.

Desain bangunan

Jangan salah paham dengan gedung ini. Meskipun bangunan ini pada dasarnya adalah sebuah laboratorium, ia memiliki desain yang sangat unik.

Tanpa menghilangkan semua konsep lama yang ada, bangunan ini telah dipugar sedemikian rupa dan menciptakan spot foto yang bagus.

Bengkel

Di sini Anda tidak hanya disuguhi dengan hasil out-of-the-box, tetapi di sini Anda bisa langsung mempelajari proses pembuatan produk produksi pabrik. Misalnya, essential oil, bath bomb, hand sanitizer, dan lilin aromaterapi bisa Anda buat di sini. Menurut informasi, hasil yang didapat tadi bisa dibawa pulang, lho.

Taman koleksi rumah penting

Di tempat ini, Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang seluk beluk tanaman esensial. Bunga tanaman ini juga sangat indah. Selain itu bisa menambah pengetahuan tentang macam-macam tumbuhan esensial, disini juga bisa jadi spot foto hehe. Latar belakang bunga berwarna-warni pasti akan membuat foto Anda semakin indah.

Museum

Bagi Anda yang sangat penasaran dengan alat-alat yang digunakan dalam pengolahan di Rumah Atsiri Indonesia sebelum menjadi produk yang sangat menarik, Anda bisa menemukannya di sini. Seperti peralatan pemurnian, enumerator, peralatan laboratorium dan cetak biru rencana pembangunan lama ini.

Baca Juga : Taman Hutan Kota Djuanda

Alamat

Rumah Atsiri Indonesia tempat wisata edukasi ini berlangsung berada di Jalan Watusambung, Watusambung, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Jika Anda kurang puas mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa mengunjungi tempat wisata lain yang ada di sekitar tempat ini. Misalnya Air Terjun Grojokan Sewu yang hanya berjarak 5,2 km yang berjarak sekitar 13 menit, atau bisa juga mengunjungi Taman Javenir, Taman Balekambang yang jaraknya sama.

Meredakan

Ada banyak fasilitas di sini yang bisa Anda gunakan seperti

  • Laboratorium
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Restoran
  • Toko cendera mata

Setelah merasa lelah seharian, Anda bisa singgah untuk bersantai di salah satu hotel atau hostel terpencil di tempat ini. Seperti Jawa Dipa Heritage Resort & Convention yang hanya berjarak 2,2 km, atau Hotel Bintang Tawangmangu yang berjarak 4 km. Anda bisa memilih sesuai keinginan Anda.

Jika Anda ingin mencari makanan untuk mengisi perut yang lapar, jangan khawatir, Anda tidak perlu berjalan jauh untuk mendapatkannya, misalnya Anda bisa mengunjungi rumah makan Sate Landak Gunung Mas yang hanya berjarak 0,2 km. Mungkin bagi Anda yang memiliki selera makanan ekstrim, restoran ini sangat cocok.

Jika Anda tidak suka makanan yang ekstrim, jangan khawatir, tempat ini juga dekat dengan rumah makan yang menjual makanan pada umumnya, seperti rumah makan Bangun Trisno misalnya yang hanya berjarak 5,3 km saja.

Biaya masuk

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini cukup membayar Rp 50.000,- yang kemudian akan ditukarkan dengan voucher dan bisa anda tukarkan dengan oleh-oleh atau makanan disini.

Jam kerja

Tempat ini bisa kamu kunjungi dari jam 10.00 pagi sampai jam 17.00 wib, waktu yang cukup singkat memang, tapi tenang sobat, dengan waktu yang sesingkat ini kamu bisa mendapatkan ilmu yang dalam.

Pertanyaan dan jawaban

Berikut rangkuman beberapa pertanyaan terkait objek wisata edukasi ini:

Kesimpulan

Di Rumah Atsiri Indonesia, Anda bisa berwisata sambil mendidik diri sendiri, dimana fasilitas yang disediakan sangat lengkap untuk mempelajari tumbuhan esensial. Tempat yang sangat nyaman dan sejuk untuk berwisata dan mendidik.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button