Di Kota Gresik komunitas ini membuat Galaxy Bike Park - WisataHits
Jawa Timur

Di Kota Gresik komunitas ini membuat Galaxy Bike Park

Bangun sirkuit olahraga rekreasi komunitas

Jumat 22 Juli 2022 : 00:18:56

berita INFO.id | Gresik – Dipastikan penyebaran hobi dan kreativitas akan berjalan beriringan, tak terkecuali yang dilakukan komunitas bersepeda di Kota Gresik.

Berdasarkan hobi yang sama, mereka sering bertemu, minum kopi dan berdiskusi, mereka menghasilkan ide-ide cemerlang, ide-ide konstruktif diperhatikan tidak hanya oleh masyarakat, tetapi juga oleh masyarakat dan lingkungan.

Oleh tangan dingin anggota Gowes Galaksi Suci (GGS) yang bermarkas di Perum Galaksi Suci Residen (GSR) Suci Manyar Gresik, lahan bekas tambang PT Semen Gresik disulap menjadi Sirkuit Galactic Bike Park.

Ahmad Saifuddin, Ketua RW 24 Desa Suci yang juga wakil ketua GGS, mengatakan ide membangun shifter MTB membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun baru terealisasi setelah GGS mengunjungi Sirkuit Alibaba di Lakarsantri Surabaya sebulan lalu.

“Secara topografis, lokasi di Bukit Kapur Suci ini sebenarnya jauh lebih bagus dan menantang dibandingkan jalur MTB di Bukit Ular Surabaya. Makanya kami tergerak untuk membangun trek sendiri agar tidak terlalu jauh berlatih dan mencari sensasi petualangan,” kata Jibro, sapaan akrab Saifuddin, Kamis (21/7/2022).

Dikatakannya, selain Sirkuit Bukit Ular, sejumlah sirkuit ternama di Jatim seperti Bromo, Bone Welang, Braksen, Wonosalam, B-29, Kelud dan lain-lain juga sudah dijajaki oleh klub-klub berkuda yang didirikan pada masa Covid. -19 pandemi pada tahun 2020.

Anggota GGS hanya berlatih di perbukitan kapur kawasan Suci dan Giri setiap minggunya karena lebih menyukai medan off-road dan petualangan.

Sayangnya tempat yang baik untuk berlatih tantangan terlalu jauh dan tidak dalam satu area. Jibro melanjutkan, medan yang menantang di perbukitan sekitar Giri yang dikenal dengan sebutan Hollywood ini terkesan kurang tertata dengan baik dan mempertimbangkan keselamatan.

Selain itu, latihan motorcross sering digunakan di jalur yang sama, sehingga jalan akan rusak.

“Sudah banyak pengemudi yang menjadi korban rawat inap. Hal ini menginspirasi kami untuk membangun sirkuit Galactic Bike Park agar pengendara di sekitar Kota Gresik dapat berlatih dengan aman dan nyaman,” jelas pria asal Sembayat ini kepada media.

Senada dengan itu, anggota GGS lainnya termasuk Punden menambahkan bahwa sirkuit Galactic Bike Park sangat cocok untuk biker berpengalaman yang menyukai jalur menantang. lereng.

Karena ada berbagai macam lompatan, guling, jatuh, belokan tajam menyerupai huruf “S”, turunan tajam dan tanjakan.

“Trek ini memang trek pendek, tapi tantangannya cukup lengkap sehingga cocok untuk latihan,” jelas perancang trek Galactic Bike Park.

Ketua RT yang juga wartawan ini mengatakan kelebihan dari lintasan Galactic Bike Park adalah memiliki suasana asri dan hijau, sehingga pengendara tidak perlu khawatir kepanasan.

“Doakan saja Mas, nanti ada terang biar bisa latihan malam,” kata Punden sambil menghisap rokok kesukaannya.

Meski demikian, GGS berharap sirkuit ini bisa menjadi destinasi wisata dan olahraga di masa depan untuk mendukung program pemerintah dan KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) untuk meningkatkan peluang ekonomi bagi warga setempat.

Secara terpisah, Sekretaris KORMI Jatim Edi Supaji mengatakan sangat mendukung upaya kelompok masyarakat yang ingin memajukan olahraga dan menjadi wahana rekreasi masyarakat.

“Sirkuit MTB juga bisa diklasifikasikan di bawah KORMI. Tentunya kami siap mendukung agar sarana dan prasarana bisa lebih mendukung,” pungkas salah satu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jatim. (info/tis/tji)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemberi komentar, sebagaimana diatur dalam UU ITE

Source: infonews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button